Nasional

Waspada 6 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Peringatan Dini BMKG Senin 1 Juni 2020

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis informasi peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Indonesia. Informasi peringatan dini cuaca ekstrem ini berlaku untuk Senin, 1 Juni 2020. BMKG melalui laman resmi , memprediksi terdapat 6 wilayah berpotensi hujan dengan intensitas lebat yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Hal ini terjadi karenaterdapat sirkulasi siklonik terpantau di Pesisir Barat Aceh. Secara tidak langsung membentuk daerah konvergensi yang memanjang di Sumatera Utara. Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang di Perairan Selatan Jawa, dari Kalimantan Selatan hingga Perairan Selatan Kalimantan Tengah, dari Laut Flores hingga Laut Jawa bagian Timur, dan dari Laut Halmahera hingga Laut Sulawesi bag Timur.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua. Kepulauan Bangka Belitung

Banten Jawa Tengah Kalimantan Tengah

Kalimantan Utara Sulawesi Tenggara Aceh

Sumatera Utara Bengkulu Jambi

Lampung Jawa Barat Jawa Timur

Kalimantan Barat Kalimantan Timur Kalimantan Selatan

Sulawesi Tengah Sulawesi Barat Sulawesi Selatan

Papua Sulawesi Tengah (waspada) Sulawesi Barat (waspada)

Sulawesi Tenggara (waspada) Sulawesi Selatan (waspada) Gorontalo(waspada)

Papua Barat (waspada) Papua (waspada) Pembaruan informasi ini disampaikan pada Minggu (31/5/2020) oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG.