Otomotif

Toyota Bikin Kendaraan Khusus buat Transportasi Pasien Covid-19

Toyota Motor Corporation (Toyota) memberikan sebuah alat transportasi yang dirancang khusus untuk pasien sakit parah akibat Covid 19 kepada Rumah Sakit Universitas Showa, Jepang. Kendaraan berbasis Toyota Hiace tersebut dikembangkan dan dilengkapi oleh Toyota Auto Body Co., Ltd. berdasarkan berbagai permintaan dari fasilitas medis. Ini merupakan pertama kalinya bagi Toyota untuk menyediakan kendaraan transportasi untuk pasien Covid 19 yang sakit parah.

Mengutip dari Global Toyota, Minggu (3/5/2020), kendaraan transpor berbasis Hiace yang dirancang khusus sebagai "kendaraan kontrol sirkulasi percikan udara" atau airborne droplet circulation control vehicle. Fitur penghalang disediakan untuk kursi pengemudi dan kursi penumpang depan. Sementara bagian belakang seluruh kursinya dicopot dan digantikan dengan perlengkapan medis dan tandu untuk pasien.

Knalpot akan terus menerus mengeluarkan udara dari kompartemen belakang ke luar dari kendaraan, membantu mencegah udara di kompartemen belakang ke sirkulasi kompartemen depan. Toyota mendengarkan kebutuhan para tenaga medis yang berada di garis terdepan dalam perang melawan Covid 19 dengan menyediakan kendaraan yang setidaknya dapat memainkan peran kecil dalam memerangi pandemi tersebut. Kendaraan transportasi untuk pasien Covid 19 yang sakit parah yang disediakan tersebit bergabung dengan 11 kendaraan transportasi untuk pasien dengan infeksi ringan yang telah disediakan oleh Grup Toyota ke entitas seperti fasilitas medis dan pemerintah daerah.

Toyota Group memposisikan inisiatif ini untuk mendukung upaya garis depan sektor medis, yang bekerja keras untuk mendiagnosis dan merawat pasien Covid 19, sebagai bagian dari Proyek Kokoro Hakobu Toyota. Proyek Kokoro Hakobu berasal dari bahasa Jepang "Kokoro Hakobu" yang berarti membawa atau menyerahkan hati atau yang diartikan Toyota sebagai kontribusi untuk masyarakat. Ke depan, Toyota bermaksud untuk terus mempertimbangkan langkah langkah yang dapat membantu penanganan Covid 19 dan terus mengambil tindakan cepat terkait hal tersebut.