Internasional

tapi Nyatanya Terjual dengan Harga Fantastis 9 Lukisan yang Dianggap Orang Awam ‘Coretan Biasa’

Berikut kumpulan lukisan lukisan yang mungkin dianggap biasa bahkan konyol oleh orang awam. Namun siapa sangka, lukisan lukisan ini dipandang memiliki nilai seni tinggi hingga mampu terjual hingga triliunan rupiah. Seperti yang dilansir iloboyou.com , inilah contoh lukisan lukisan "remeh" yang terjual dengan harga tinggi.

Beberapa karya seni mengandung hal hal misterius yang terkadang tak bisa dipahami orang awam. Kita mungkin memandang "biasa" suatu karya seni. Akan tetapi di mata seniman, karya itu mengandung makna yang kemudian pantas dihargai tinggi.

Inilah contoh contoh lukisan yang dianggap biasa saja, tapi terjual dengan harga tinggi hingga triliunan rupiah. "Mirror" dijual seharga $ 1,1 juta. Karya ini diciptakan oleh Gerhard Richter.

Karya ini hanyalah cat merah yang diaplikasikan dengan sedikit gradien di cermin. Lukisan Cy Twombly ini terjual seharga $ 2,3 juta di pelelangan Christie. Karya ini dilakukan dengan pensil warna di atas selembar kertas.

Lukisan ini dianggap mirip, atau bahkan hampir sama dengan coretan anak TK yang sedang belajar menulis. Lukisan ini terlihat seperti gambar huruf "e" yang ditulis berulang ulang dan bertumpuk tumpuk. White Fire I karya Barnett Newman terjual seharga $ 3,8 juta.

Nama "Api Putih" diambil dari istilah mistik yang berasal dari Taurat. Dengan demikian, lukisan ini dianggap dipenuhi perasaan spiritual yang mendalam. Itulah yang Newman coba berikan kepada penikmat lukisannya.

Onement VI juga merupakan salah satu lukisan seni karya Barnett Newman. Lukisan ini mencapai rekor harga 43,84 juta dolar (34,07 juta euro) pada lelang yang diadakan di Sotheby's di New York pada Mei 2013 lalu. Karya itu menunjukkan dua persegi panjang berwarna biru gelap, dibagi dengan garis biru terang.

Lukisan karya Mark Rothko ini dijual seharga $ 46,5 juta di lelang Sotheby di New York. Lukisan ini berukuran 2,42 meter kali 1,86 meter dan selesai dibuat pada tahun 1954. White center (kuning pink dan lavender pada mawar) adalah lukisan abstrak karya Mark Rothko yang selesai pada tahun 1950.

Karya ini dijual pada Mei 2007 oleh Sotheby ke keluarga Kerajaan Qatar. Lukisan itu dijual seharga 72,84 juta dollar. False Start adalah salah satu lukisan minyak terkenal dari Jasper Johns.

Lukisan ini dibuat di atas kanvas dengan panjang 170,8 sentimeter dan lebar 137,2 sentimeter. Lukisan berwarna warni selalu mengesankan orang orang sejak dirilis. Pada tahun 2006, lukisan itu dijual kepada Kenneth C. Griffin, seharga $ 80 juta.

Orange, Red, Yellow (Oranye, Merah, Kuning) adalah lukisan Field Color 1961 karya Mark Rothko yang dijual di Christie seharga $ 86 Juta. Ini adalah lukisan karya Jackson Pollock yang selesai dibuat pada tahun 1948. Lukisan itu dibuat di atas selembar papan serat berukuran 8 × 4 inchi, dengan cat tebal berwarna coklat dan kuning di atasnya, membentuk penampilan seperti sarang.