Nasional

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Penurunan Bendera Kenakan Jas Biru Dongker

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara penurunan bendera Sang Merah Putih di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2020) sore. Berbeda dengan upacara pengibaran yang digelar Senin pagi, kali ini Presiden tidak mengenakan pakaian adat. Presiden mengenakan jas biru dongker dengan kopiah hitam dan dasi merah.

Presiden hadir di tempat acara sekitar pukul 17.12 WIB. Presiden hadir bersama Wakil Presiden Maruf Amin yang mengenakan setelan jas hitam dengan kopiah dan dasi senada dengan Presiden. Presiden dan wakil presiden didampingi ibu negara Iriana Jokowi dan Ibu Wakil Negara Wury Maruf Amin.

Upacara diawali dengan laporan Komandan Upacara Kombes Pol Christ Reinhard Pusung kepada Presiden bahwa upacara siap dimulai. Setelah Presiden memerintahkan upacara dimulai tiga petugas penurunan bendera sang merah putih melakukan prosesi. Adapun petugas penurunan bendera yakni Sylvia Kartika Putri dari Provinsi Sumatera Utara yang dipercaya sebagai pembawa bendera Merah Putih.

Lalu Sudrajat Prawijaya dari Provinsi Bengkulu yang bertugas sebagai komandan kelompok sekaligus pembentang bendera dan Muhammad Asri Maulana dari Provinsi Kalimantan Selatan yang bertugas sebagai pengerek bendera. Sejumlah pejabat negara tampak hadir langsung dalam upacara penurunan bendera. Diantara yakni Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis. Adapun pejabat negara yang mengikuti secara virtual yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Kepala Staf Presiden Moeldoko.