Metropolitan

Polisi Periksa 3 Orang Saksi Terkait Kasus Dugaan Pembunuhan Editor Metro TV Yodi Prabowo

Penyidik Polres Metro Jakarta Selatan memeriksa 3 orang saksi terkait kasus dugaan pembunuhan Editor Metro TV, Yodi Prabowo. Diketahui, Yodi Prabowo ditemukan tewas dengan luka tusuk di pinggir jalan tol di kawasan Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Jumat (10/7/2020). "Saksi sudah di Polres lebih dari tiga saksi yang dimintai keterangan, tapi lebih detailnya nanti," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Budi Sartono, di rumah duka Jalan Alle Raya, Rempoa, Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat (10/7/2020) malam.

Saksi yang diperiksa berasal dari rekan kerjanya korban di Metro TV untuk mengetahui informasi soal Yodi, termasuk dari pihak keluarga. "Beberapa saksi sudah dimintai keterangan baik yang teman teman liputan korban, yang ada hubungan dengan korban tapi yang pasti doakan kami, kami akan menangkap pelakuknya," ujarnya. Selain saksi, Budi juga mengatakan, jenazah Yodi sudah rampung diautopsi dan dibawa ke rumah duka.

"Tadi otopsi sudah selesai hasil nanti dikirim, nanti kita lihat perkembangannya," ujarnya. Sampai saat ini belum ada yang diamankan terkait kasus tersebut. Barang barang Yodi yang menempel di badan disita polisi, termasuk ponsel dan sepeda motornya.

"Barang bukti yang ada di TKP baik itu motor, alat alat korban dan lainnya," ujarnya. Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP M Irwan Susanto menduga Yodi tewas dibunuh. "Dugaan awal seperti itu (korban pembunuhan)," kata Irwan di lokasi penemuan jenazah Yodi.

Dari hasil identifikasi, polisi menemukan luka sayatan di dada kiri korban. "Ada juga kita temukan sebilah pisau yang diduga terkait luka tersebut," tutur Irwan. Kedatangan jenazah Editor Metro TV Yodi Prabowo di rumah duka, Jalan Alle Raya, Rempoa, Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Tangsel), disambut tangis keluarga, Jumat (10/7/2020) malam.

Jenazah Yodi Prabowo sebelumnya dibawa dengan ambulans dari Rumah Sakit Polri Kramat Jati ke rumah duka. Saat peti mati berisi jenazah Yodi sampai ke dalam rumah, pihak keluarga tak kuasa membendung air mata. Jeritan histeris pun terdengar hingga ke luar rumah.

Tutur, sang ibu, bahkan harus ditenangkan keluarga yang lain karena tak hanya menangis di depan peti mati anaknya. Para tetangga yang berdesakaan di depan pintu rumah duka pun ikut meneteskan air mata. Beberapa di antaranya masuk masuk ke dalam rumah mengelilingi peti mati sambil membacakan ayat Alquran.

Biarso (30), sepupu almarhum, tidak menyangka Yodi berpulang begitu cepat. Ia mengenal pengolah gambar Metro TV itu sebagai sosok yang baik dan pendiam. "Kaget, syok lah, enggak nyangka meninggal begitu cepat, " ujar Biarso.

Sesosok mayat laki laki ditemukan di pinggir tol di jalan Ulujami Raya, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dari penuturan warga setempat, mayat tersebut ditemukan sekitar pukul 11.30. Saat ini, tim identifikasi dari Polres Metro Jakarta Selatan masih memeriksa jenazah tersebut.

Selain itu, ada sebilah pisau yang ditemukan di dekat lokasi penemuan mayat. Mereka terlihat mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap saat memeriksa mayat yang tergeletak di pinggir jalan tol. Sebelum melakukan pemeriksaan, tim identifikasi lebih dulu memasang garis polisi di sekitar lokasi penemuan mayat.

Hingga pukul 14.20, proses identifikasi mayat tersebut masih terus dilakukan.