Travel

Penumpang di Bandara Ngurah Rai Hanya Perlu Tunjukkan Hasil Rapid Test dari 5 Juli

Penumpang yang ingin mengunjungi Bali bisa menunjukkan bebas Covid 19 dengan hasil rapid test. Namun, kebijakan tersebut baru berlaku mulai 5 Juli 2020. Setiap wisatawan domestik yang mengunjungi Bali melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai hanya menunjukkan hasil rapid test.

Kebijakan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Bali selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Provinsi Bali nomor 305/GUGASCOVID19/VI/2020. Kebijakan ini tentu berbeda dengan persyaratan sebelumnya yang mewajibkan setiap pelaku perjalanan harus mampu menunjukkan surat bebas Covid 19 hanya melalui tes swab berbasis Polymerase Chain Reaction (PCR). "Rapid (bisa digunakan) per 5 Juli," kata Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Provinsi Bali, I Made Rentin saat dikonfirmasi, Kamis (2/7/2020) malam.

Rentin yang juga sebagai Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali itu mengatakan, hal tersebut dilakukan sejalan dengan kebijakan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 di tingkat nasional. Sementara apakah kebijakan tersebut berkaitan dengan adanya rencana pembukaan pariwisata Bali? "Ke Humas saja ya. Biar gak salah saya info," jelas pria yang sempat menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali itu.

Namun dalam surat edaran tersebut ditegaskan bahwa ketentuan ini tidak berlaku bagi perjalanan tujuan wisata. Untuk perjalanan wisata nanti akan diatur dengan ketentuan tersendiri.