Bisnis

Pembangunan Kilang Dinilai Tak Lantas Berantas Mafia Migas

Pembangunan Kilang Dinilai Tak Lantas Berantas Mafia Migas Politisi Partai Hanura Inas N Zubirmenilai pembangunan kilang minyak tidak lantas memberantas mafia minyak dan gas (migas) begitu saja. Inas menjelaskan, jika kilang minyak selesai semuanya dibangun maka memang betul impor BBM akan berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali. "Namun, untuk feeding kilang yang baru maka impor minyak mentah akan bertambah besar karena kemampuan lifting nasional yang masih jauh dari kebutuhan nasional," ujarnya melalui siaran pers di Jakarta, Rabu (1/1/2020).

Menurutnya, pernyataan pengamat yang mengatakan bahwa cara mafia migas membuat Indonesia tidak bisa lepas dari impor minyak dengan menghalangi pembangunan kilang bikin heran. "Pernyataan tersebut sangat sesat karena masyarakat akan berpendapat bahwa dengan dibangunnya kilang minyak maka Indonesia dipastikan akan berhenti impor minyak," kata Inas. Saat ini, Inas menambahkan, lifting nasional minyak mentah Indonesia untuk tahun 2019 hanya 775 ribu barel per hari dan diperkirakan tidak akan mencapai target.

Padahal konsunsi domestik sekarang ini sudah mencapai 1,55 juta barel per hari, sehingga selisihnya sebesar bisa lebih dari 775 ribu barel per hari. "Kekurangan tersebut akan ditutupi dengan impor minyak mentah misalnya untuk tahun 2019 kurang lebih 350 ribu barel per hari dan juga BBM kurang lebih 325 ribu per hari," pungkasnya. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengaku sudah mengetahui siapa siapa saja yang selama ini mendapatkan untung besar dari impor minyak dan gas.

Hal itu disampaikan saat sambutan Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 2024 di Istana Negara. "Lah ini yang seneng impor, bukan saya cari. Sudah ketemu siapa yang seneng impor. Sudah ngerti saya," kataJokowi.

Tentang Penulis

Natalia Rahayu

Natalia Rahayu

Banyak dari kegagalan dalam hidup yang terjadi adalah, orang-orang yang tidak menyadari seberapa dekat mereka dengan kesuksesan ketika mereka memutuskan untuk menyerah.

Tanggapan Anda

Click here to post a comment