Metropolitan

Para Pedagang Disebut Masih Ragu Rencana Pembukaan Pasar Tanah Abang Dibatalkan

Rencananya, Blok A, Blok B, Blok F Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, kembali dibuka, Senin (6/4/2020). Namun, rencana itu kemudian dibatalkan. Sebab, masa tanggap darurat Covid 19 di Provinsi DKI Jakarta masih berlangsung hingga 19 April 2020. "Iya dibatalkan," ujar Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (5/4/2020) malam.

Arief menjelaskan bahwa penundaan pembukaan Pasar Tanah Abang ini juga berdasarkan kesepakatan bersama antara tokoh pedagang dan manajemen Pasar Jaya. Selain itu, para pedagang juga sepakat untuk tetap menutup sementara kios mereka di tengah masa tanggap darurat Covid 19. "Soalnya ini para pedagang juga pada semua fifty fifty untuk buka," ucapnya.

Untuk itu, pihaknya memutuskan bahwa rencana pemukaan yang dijadwalkan pada esok hari ditunda sementara sampai 19 April 2020. Arief mengatakan, jadwal pembukaan kembali kawasan Pasar Tanah Abang akan segera diinformasikan lebih lanjut. Adapun perpanjangan waktu penutupan meliputi kawasan Blok A, Blok B, dan Blok F.

Sementara Blok G Pasar Tanah Abang yang menjual bahan pangan tetap dibuka. Sebelumnya, kabar mengenenai pembukaan kembali Pasar Tanah Abang sempat disebarkan di media sosial Perumda Pasar Jaya. Informasi itu juga dibenarkan oleh Manager Bidang Umum dan Humas Perumda Pasar Jaya Gatra Vaganza.

"Iya tanggal 6 (April) akan buka kembali," ujar Gatra kepada Kompas.com pada Minggu pagi ini.