Superskor

Nama Bonek Persebaya Bakal Terpampang di Planet Mars pada 2021 Titip melalui NASA

Nama terpampang di sebuah ikon terkenal di luar negeri? Ah, itu biasa. Tapi kalau nama terlihat di planet lain di luar bumi, itu bisa jadi hal yang luar biasa. Upaya itu yang dilakukan bonek Persebaya agar nama mereka bisa terpampang di Planet Mars pada 2021.

Upaya bonek itu dilakukan Yudhiko Pramudya yang mendaftarkannya ke NASA. NASA merupakan lembaga pemerintah milik Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program luar angkasa. Belum lama ini NASA kembali melanjutkan programnya.

Program yang dimaksudadalah terbang ke Planet Mars guna mencari tanda tanda kuno yang pernah ada. Menggunakan Perseverance, robot berbentuk mobil dalam Atlas V, NASA memulai misinya pada Kamis (30/7/2020). Diperkirakan Persevarance akan tiba di Mars pada Februari 2021.

Nantinya jika misi ini berhasil dilakukan, nama Bonek Persebaya akan turut terlihat di Planet Mars. Dilansir BolaSport.com dari Surya.co.id , hal ini tak terlepas dari peran salah satu anggota Bonek Writer Forum sekaligus dosen fisika Universitas Achmad Dahlan Yogyakarta, Yudhiakto Pramudya. Yudhiakto mengaku dirinya yang mendaftarkan nama Bonek Persebaya ke pihak NASA.

Nama Bonek Persebaya nantinya akan bersanding dengan nama nama lain yang juga sudah didaftarkan. "Nama Bonek Persebaya diukir di lempeng silikon, mengukirnya dengan menggunakan berkas elektron," kata Yudhiakto. "Bisa menulis jutaan nama yang sudah disetor, jadi mirip mengukir nama pemenang atau juara di piala," ujarnya.

Awalnya apa yang dilakukan Yudhiakto ini hanya sebuah keisengan. Seusai mengetahui NASA membuka kesempatan kepada warga Bumi untuk mendaftarkan nama guna dibawa ke Planet Mars, Yudhiakto pun tak berpikir panjang untuk mengambil kesempatan tersebut. Lebih lanjut lagi, dengan adanya nama Bonek Persebaya sampai ke Planet Mars, Yudhiakto berharap hal ini bisa menambah rasa peduli suporter Persebaya untuk mendukung sains dan teknologi.

"Selain kebanggaan nama Bonek Persebaya terukir di robot tersebut, tentunya makin banyaksuporteryang berminat mengikuti kabar robot Perseverance," ucap Yudhiakto. "Kepo tentang apa yang dilakukan robot itu dan tentunya boleh menaruh harapan lebih banyak Bonek yang peduli dan mendukung sainsserta teknologi," tuturnya.