Lifestyle

Memilih Ukuran Mesin Cuci yang Tepat Sesuai dengan Kebutuhan

Memilih Ukuran Mesin Cuci yang Tepat Sesuai dengan Kebutuhan
Memilih Ukuran Mesin Cuci yang Tepat Sesuai dengan Kebutuhan

Mesin cuci merupakan alat penunjang kebutuhan rumah tangga. Dengan keberadaanya, mencuci pakaian kotor menjadi lebih mudah dan praktis, selain itu waktu yang dihabiskan untuk mencuci baju juga tidak memerlukan waktu yang lama. Mulai ditinggalkannya cara mencuci pakaian secara manual membuat penggunaan mesin cuci meningkat, terutama di kota besar. Agar tidak salah membeli, berikut cara memilih ukuran mesin cuci yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Terdapat beberapa jenis ukuran mesin cuci yang sebaiknya Anda ketahui. Jenis ini dibedakan berdasarkan penggunaan dan ukuran pakaian kotor yang bisa ditampung, berikut diantaranya:

Mesin Cuci Umum
Merupakan jenis yang paling biasa ditemui, dengan kapasitas pencucian pakaian kotor sebanyak 6 kilogram sekali pemakaian. Ia paling sering digunakan dalam ranah domestik, dengan ukuran rata-rata 1 meter dengan lebar 60-70 cm. Mesin cuci ini memiliki kedalaman ruang cuci sebesar setengah meter hingga 65 cm.

Mesin Cuci Portable
Jenis ini memiliki ukuran yang lebih fleksibel, umumnya ukurannya lebih kecil, dan bila tidak sedang digunakan, mesin cuci ini bisa disimpan di dalam lemari. Ukuran mesin cuci ini hanya setinggi 75-85 cm, dengan kedalaman ruang cuci sebesar 45 cm dengan maksimal kapasitas sebanyak 3 kilogram sekali pemakaian.

Mesin Cuci Front Loading
Berbeda dengan mesin cuci sebelumnya, mesin cuci ini memiliki tabung bukaan di bagian depan mesin, berfungsi untuk memasukkan pakaian kotor. Kapasitasnya juga cukup besar, sekitar 7-12 kilogram, tergantung jenisnya. Dengan ukuran tersebut, waktu pencucian pakaian bisa lebih singkat karena mampu mencuci sekaligus dalam satu waktu. cara kerjanya otomatis dan bisa dilakukan dengan beberapa versi pengaturan.

Mesin Cuci Mini
Mesin cuci jenis ini merupakan yang paling kecil ukurannya, hanya sekitar setengah meter tingginya, dengan lebar rata-rat 40 cm. Sedangkan ke dalam mesin putarnya hanya 35 cm dengan kapasitas tampungan cucian kotor sebanyak 2 kilogram saja. Cara menggunakannya hany perlu mengisikan air dan memberikan detergen, tanpa ada variasi putaran dan pengaturan lainnya.

Setelah mengetahui jenis dan ukuran mesin cuci tersebut, kinI Anda bisa mengikuti langkah-langkah bagaimana memilih mesin cuci sesuai dengan kebutuhan dalam penggunaannya. Berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli mesin cuci.

Sesuaikan dengan Budget
Anda tidak perlu memaksakan diri untuk membeli jenis mesin cuci dengan fitur terbaik. Sesuaikan saja dengan budget dan anggaran yang telah Anda persiapkan. Karena jenisnya yang beragam, Anda bisa menyesuaikannya dengan anggaran sekaligus kebutuhan. Rentang harga mesin cuci berkisar antar satu juta hinga delapan juta, tergantung jenis dan ukurannya.

Kapasitas
Kapasitas mesin cuci merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan. Ini akan berkaitan dengan jumlah pakaian kotor yang hendak Anda cuci. Jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki kebisaan mencuci seminggu sekali sampai dua kali, sebaiknya gunakan mesin cuci dengan kapasitas yang besar.

Selain praktis, ini juga akan membuat proses pencucian menjadi lebih cepat. Perhatikan pula besaran energi yang diperlukan oleh mesin cuci, agar tidak terjadi konsleting maupun turun daya listrik. Anda bisa menanyakannya pada penjual untuk informasi yang lebih lengkap.

Dengan mengetahui hal-hal dasar tersebut, kini Anda tak perlu kebingungan lagi untuk menentukan besaran ukuran mesin cuci. Besaran ukuran tersebut bisa Anda sesuaikan berdasarkan kebutuhan, budge yang dikeluarkan serta intensitas pencucian pakaian kotor. Pertimbangkan hal-hal diatas agar tidak mengalami kesalahan pembelian. Semoga bermanfaat!