Sport

Memang betul Saya Sudah Tua Paruh Musim MotoGP 2019 Tetapi . . . . Valentino Rossi

Rangkaian balapan 2019 tengah memasuki libur paruh musim di mana catatan buruk menempel pada pembalap senior . Valentino Rossi hanya finish di urutan ke delapan dalam balapan terakhir di seri jerman 2019 dan bahkan gagal finish di seri seri sebelumnya. Pembalap tim Monster Energy Yamaha itupun belakangan mulai berbicara soal usianya yang tak lagi muda.

Valentino Rossi mengakui umurnya yang sudah tua dan adanya penurun kecepatan saat balapan. Tapi , mengatakan bahwa ia tidak bisa menyalahkan usia karena penurunan performanya saat membalap di kelas . "Memang benar bahwa saya sudah tua, tetapi masalahnya adalah bahwa tahun lalu saya juga sudah tua," kata pria berusia 40 tahun itu dilansir dari Autosport .

"Lima tahun yang lalu saya sudah tua. Tetapi, dengan tulus saya tidak merasa dalam pikiran saya bahwa saya sudah menyerah, atau bahwa saya tidak konsentrasi, atau bahwa saya tidak memiliki motivasi yang cukup untuk tiba di akhir pekan balapan," tutur Rossi. Penampilan Rossi sempat meyakinkan musim ini dengan menjadi runner up pada Argentina dan Americas. Namun, pada Prancis, Rossi finis kelima.

Selanjutnya, pembalap berjulukan The Doctor tersebut tiga kali beruntun gagal finis pada Italia, Catalunya, dan Belanda. "Saya tidak punya alasan karena tahun ini saya 20 detik lebih lambat dari musim lalu. Jadi saya pikir kami bisa mengerti dan kami mencoba bangkit," ujar Rossi. "Tetapi, ini situasi yang sulit karena sebenarnya saya berharap banyak dari akhir pekan di Jerman. Performa saya tahun lalu baik, begitu pula di Assen. Jadi, saya berharap untuk menjadi kuat, tetapi pada kenyataannya, tidak."

Penampilan di lintasan belakangan ini memang kurang greget. Aksi aksi adu cepat di sirkuit yang mengimbangi pemuncak klasemen, Marc Marquez kini justru ditunjukkan rookie , Alex Rains dan rekan satu tim , . Vinales memastikan kemenangan pertama pada 2019 di Assen dan jadi runner up di Jerman 2019.

Sementara si rookie Quartararo yang juga menunggangi Yamaha meraih pole position ketiga musim ini dan dua kali naik podium. Ketika ditanya apakah M1 tahun ini lebih sesuai dengan kebutuhan Maverick Vinales daripada kebutuhannya, Valentino Rossi mengatakan bahwa tahun ini motornya memerlukan pengaturan yang berbeda dibandingkan tahun lalu. "Saya dan juga untuk Franco (Morbidelli) lebih sulit untuk menggunakan jenis setting an yang pas, sedangkan Maverick dan Quartararo sangat kuat," aku Valentino Rossi.

"Kami perlu menemukan cara meningkatkan performa motor kami. Jika saya cepat seperti tahun lalu, tetapi saya finis ke delapan musim ini karena yang lain membuat langkah dan mereka lebih cepat 20 detik," tutur Rossi. Rossi dan pembalap lain akan kembali ke lintasan untuk mengikuti seri Balap Republik Ceska di Sirkuit Brno pada 2 4 Agustus.