Metropolitan

LSPR Run Ajak 1.000 Pelari Mengitari Bundaran Semanggi Pertama Kali Digelar Mahasiswa

Sebanyak 110 mahasiswa London School of Public Relations (LSPR) akan menggelar kegiatan olahraga lari di tengah kota Jakarta bertajuk LSPR Run. Program ini menargetkan 1.000 pelari sebagai peserta dan akan menempuh jarak sejauh 5 km dengan titik start dari mal FX Sudirman menuju Bundaran Semanggi dan kembali lagi ke FX dan akan digelar pada 14 Juli 2019 bersamaan dengan momen car free day di Jl Sudirman, Jakarta. LSPR Run sepenuhnya dirancang dan dieksekusi olehmahasiswa LSPR Jakarta sebagai event outdoor pertama yang mereka akan selenggarakan sekaligusmerupakan kegiatan praktik mahasiswa semester enam mata kuliah Managing Event, jurusan Marketing Communication sekaligus merayakan ulang tahun LSPR ke 27.

Tunggul Siahaan, Ketua Pelaksana LSPR Run yang juga dosen LSPR Jakarta mengatakan, event ini merupakankegiatan olahraga lari pertama kali yang digelar LSPR dan akan memberikan hadiah senilai total Rp 270 juta. "Sebagai sekolah tinggi komunikasi, kami berupaya meminimalisir gap antara teori dan praktik, yang selama ini menjadi tantangan bagi kampus agar lulusan LSPR menjadi siap pakai di dunia kerja," ungkap Tunggul. Dijelaskan, LSPR Run ini merupakan unjuk kerja mahasiswa dalam menangani event lari berskala besar. Ini adalah kegiatan kelas yang digelar setiap tahun sebagai tugas akhir tahun mahasiswa, dimana mahasiswa yang merancang konsepnya hingga mengeksekusi konsep event tersebut.

Di LSPR, sejak lima tahun terakhir, mahasiswa yang mengambil mata kuliah Managing Event harus menjalani praktik kerja lapangan di luar kampus. Artinya, event yang mahasiswa rancang konsepnya mengambil venue di luar kampus, misalnya di dalam mal. Tahun ini adalah yang pertama kalinya konsep event di outdoor dalan format lari. Menurut Tunggul, kegiatan LSPR RFun ini memberikan tantangan berbeda jika dibandingkan kegiatan yang digelar indoor. Selama ini mahasiswanya biasa menggelar konser musik, bazaar, dan pameran. Mahasiswa yang menjadi panitia LSPR Run diedukasi untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak eksternal seperti pengelola venue, race management, sponsor, media, dan berbagai vendor event. Mereka juga mendapat supervisi daridebrads Race Management.

"Keterlibatan debrads Race Management di kegiatan ini sebatas membantu checklist kegiatan tanpa keterlibatan langsung orang debrads," kata Pico dari debrads. Pico dari debrads Race Management mengatakan, selama penyelenggaraan lari 5K LSPR Run, panitia menyediakan ambulance, petugas medis, dan dokter yang stand by di lokasi bekerja sama dengan Rumah Sakit Siloam, Semanggi. Synergy WorldWide, produsen suplemen kesehatanProArgi 9+ bertindak sebagai sponsor kegiatan ini.

Rashid dari Synergy Worldwide menyatakan event ini memiliki kesamaan konsep dengan produk Synergy Worldwide yang bergerak di produk suplemen kesehatan. "Kami perusahaan yang berbasis pada produk nutrisi alami yang berpusat di Utah, AS. ProArgi+ menjadi produk kesehatan yang selama ini banyak digunakan olahragawan. Produk ini berguna meningkatkan aliran oksigen melalui pembuluh darah sekaligus mengikis penyumbatan pembuluh darah," ungkap Rashid. Rashid menyatakan akan memberikan hadiah jalan jalan ke Korea untuk pesertaLSPR Run yang membeli ProArgi 9+ selama periode pendaftaran lomba.

Penyelenggaraan LSPR Run juga akan dimeriahkan penampilan personilJKT48 seperti Sonia dan Ayana. "Kita ikut ramaikan event ini dengan performance saja, tidak ikut lari," ujar Ayana. Untuk menggaet peserta hingga menembus 1.000 orang, Tunggul menyatakan pihaknya akanmasuk mempromosikan kegiatan ini lewat berbagai komunitas lari, ke media sosial dan via event pawai, wawancara di radio, dan penyediaan ticket box di kampus. "Kita juga buka ticket box dan kita siapkan pendaftaran secara online. Jadi bisa daftar dari mana saja. Biaya peserta RFp 150 dan akan mendapat jersey, refreshment, photo booth, menonton penampilan JKT48, serta medali," kata Tunggul.

Selain didukung oleh debrads Race Management dan Synergy Worldwide, Program LSPR Run juga didukung aplikasi Janjian. Janjian merupakan aplikasi untuk memudahkan berbagai hal terkait janji bertemu atau kumpul kumpul.