Nasional

Laksamana TNI Yudo Margono Sampaikan Program Prioritas & Visinya Sebagai KSAL kepada 39 Satker

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan sejumlah program prioritas dan visinya dalam pembangunan kekuatan dan pembinaan kemampuan TNI Angkatan Laut. Hal itu disampaikan Yudo saat melaksanakan Entry Briefing kepada 39 Satuan Kerja jajaran TNI AL di seluruh wilayah Indonesia melalui video conference (Vicon) di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur pada Rabu (20/5/2020). Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal mengatakan sebanyak 39 Satuan Kerja tersebut terdiri dari Komando Utama (Kotama) TNI AL, Badan Pelaksana Pusat (Balakpus), Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal).

Program prioritas tersebut di antaranya pembangunan SDM TNI AL. Modernisasi KRI, pesawat udara dan material tempur. Pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana (Sarpras) TNI AL

Pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasional. Penyelarasan doktrin, operasi, latihan dan sistem pendidikan. Peningkatan kemampuan Komando, Kendali, Komunikasi, Komputer, Intelijen, Pengamatan, dan Pengintaian (K4IPP) serta siber TNI AL.

Peningkatan program dan anggaran berbasis kinerja dan berorientasi hasil. Perbaikan sistem dukungan logistik. Terakhir peningkatan kemampuan TNI AL dalam menghadapi ancaman bersifat non konvensional.

"Kegiatan Entry Briefing ini merupakan petunjuk awal dari pimpinan baru serta merupakan pedoman bagi seluruh Prajurit TNI AL untuk melanjutkan jalannya roda organisasi TNI AL ke depan," kata Zaenal dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Laut pada Rabu (20/5/2020). Dalam kesempatan tersebut Yudo berkomitmen untuk meneruskan kebijakan para pemimpin TNI AL terdahulu yang akan diselaraskan dengan petunjuk strategis dan arah kebijakan Presiden RI dan pimpinan TNI. Dalam hal ini khususnya terkait pelaksanaan tugas sebagai Kepala Staf untuk memimpin TNI Angkatan Laut dalam pembinaan kekuatan dan kesiapan operasional.

Mengawali tugasnya sebagai KSAL Yudo juga menyampaikan visi TNI Angkatan Laut lima tahun kedepan. Visi tersebut yaitu "Terwujudnya TNI Angkatan Laut yang Profesional, Modern dan Tangguh untuk mewujudkan Indonesia Maju Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berdasarkan Gotong Royong". "Selain itu, berkaitan dengan situasi dan kondisi saat ini, KSAL menekankan agar TNI Angkatan Laut baik sebagai organisasi maupun sebagai pribadi personel, harus tampil memberikan contoh dan teladan dalam upaya percepatan penanganan Covid 19," kata Zaenal.

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Mintoro Yulianto para Pejabat Utama Mabesal, para Pemimpin Kotama TNI AL Wilayah Jakarta dan para Kepala Dinas jajaran Mabesal.