Internasional

KJRI Ho Chi Minh City Bantu 37 Kepulangan WNI di Vietnam

KJRI Ho Chi Minh City memfasiltasi pemulangan warga negara Indonesia (WNI) yang tertunda kepulangannya (strander) di Vietnam menggunakan penerbangan khusus Vietjet pada hari Minggu (26/04/2020). Kementerian luar negeri (Kemlu RI) dalam keterangannya Rabu (29/4/2020) mengabarkan sebanyak 37 WNI memanfaatkan penerbangan khusus tersebut. Para WNI terdiri dari mahasiswa magang, wisatawan dan tenaga kerja ahli di perusahaan Vietnam yang telah habis masa kontraknya atau yang mengalami PHK akibat dampak ekonomi global COVID 19.

“Bantuan pemulangan ini merupakan bukti perhatian khusus Pemerintah Indonesia untuk memberikan pelindungan kepada seluruh WNI yang sedang mengalami kesulitan sesuai karena pandemi COVID 19," ujar Konsul RI di Ho Chi Minh City, Hanif Salim. Pandemi COVID 19 telah menyebabkan banyak negara negara memperketat bahkan menutup akses ke negaranya melalui pesawat maupun moda transportasi lainnya. Keadaan ini menyebabkan tertundanya kepulangan WNI dari berbagai negara salah satunya di Vietnam.

Para WNI tersebut juga telah diperiksa kesehatannya terlebih dahulu di rumah sakit untuk memastikan tidak ada yang terjangkit COVID 19. Sebagai langkah antisipasi, KJRI HCMC juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan di Jakarta untuk dapat menerima WNI serta melakukan tindakan medis lainnya sekiranya dibutuhkan sesuai protokol penanganan COVID 19 di Indonesia.