Nasional

Jawaban Soal Sejarah Berdirinya Kerajaan Tarumanegara Belajar dari Rumah TVRI Kelas 4-6 SD

Simak jawaban soal jelaskan sejarah berdirinya Kerajaan Tarumanegara dalam program Belajar dari Rumah TVRI untuk kelas 4 6 SD Kamis, 30 April 2020. Belajar dari Rumah TVRI untuk kelas 4 6 SD kali ini membahas tentang sejarah Kerajaan Tarumanegara. Dalam pembahasan Kerajaan Tarumanegara, terdapat dua soal yang nantinya akan ditanyakan.

Kompetensi literasi dalam materi ini yakni, menulis esai pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Kunci jawaban ini bisa menjadi paduan bagi orangtua saat memeriksa pekerjaan rumah anak yang diberikan lewat program Belajar dari Rumah di TVRI. Jelaskan sejarah berdirinya Kerajaan Tarumanegara!

Sejarah berdirinya Kerajaan Tarumanegara: Kerajaan Tarumanegara atau dikenal dengan Kerajaan Taruma merupakan kerjaan Hindu tertua di Nusantara. Kerajaan ini didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358 SM.

Adanya Kerajaan Taruma bisa diketahui dan dibuktikan dengan adanya tujuh buah prasasti batu yang ditemukan. Lima prasasti yang ditemukan ada di Bogor, satu prasasti ada di Jakarta dan satu prasasti lagi ada di Lebak Banten. Dari prasasti prasasti ini diketahui bahwa kerajaan dipimpin oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358 M dan dia memerintah sampai tahun 382 M.

Jelaskan yang menjadi bukti tentang berdirinya Kerajaan Tarumanegara! Yang menjadi bukti berdirinya Kerajaan Tarumanegara adalah: Adanya tujuh buah prasasti batu yang ditemukan, yaitu lima prasasti di Bogor, satu prasasti ada di Jakarta, dan satu prasasti lagi ada di Lebak Banten.

Prasasti Kebon Kopi, dibuat sekitar 400 M (H Kern, 1917), ditemukan di perkebunan kopi milik Jonathan Rig, Ciampea, Bogor. Prasasti Tugu, ditemukan di Kampung Batutumbu, Desa Tugu, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, sekarang disimpan di museum di Jakarta. Prasasti Cidanghiyang atau Prasasti Munjul, ditemukan di aliran Sungai Cidanghiyang yang mengalir di Desa Lebak, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, Banten, berisi pujian kepada Raja Purnawarman.

Prasasti Ciaruteun, Ciampea, Bogor Prasasti Muara Cianten, Ciampea, Bogor Prasasti Jambu, Nanggung, Bogor

Prasasti Pasir Awi, Citeureup, Bogor Itulah sepenggal jawaban pertanyaan soal nomor 1 pada materi Belajar dari Rumah TVRI untuk kelas 4 5 6 SD sederajat hari Kamis 30 April 2020. Setelah menayangkan tentang sejarah Kerajaan Tarumanegara, siswa diberikan dua pertanyaan.

1. Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengkomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut. Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian. 2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya.

Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya. Jika orang tua mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru. 3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya.

Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi sikap yang baik, dan intonasi pembacaan. Selanjutnya, bersama sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan.