Superskor

James Rodriguez Justru Rutin capai Gelar Liga 4 Tahun Beruntun Minim Kontribusi

James Rodriguez memiliki cerita tersendiri setelah Real Madrid berhasil menyegel gelar juara Liga Spanyol musim 2019/2020. Real Madrid akhirnya memenangkan perburuan gelar juara Liga Spanyol musim ini. Kepastian tersebut didapatkan setelah Real Madrid mampu meraih kemenangan atas Villareal pada pekan 37, dinihari tadi.

Kemenangan tersebut berdampak pada selisih poin antara Real Madrid dengan Barcelona di papan klasemen sementara. Selisih poin antara Real Madrid dengan Barcelona terpaut tujuh angka, dimana Los Blancos kokoh di puncak dengan koleksi 86 angka. Sementara, Barcelona harus rela menempati posisi kedua dengan raihan 79 poin.

Dengan kompetisi Liga Spanyol yang masih menyisakan satu laga sisa, mustahil bagi Barcelona untuk sekedar menyamai torehan poin milik Real Madrid. Alhasil dengan situasi tersebut maka bisa dipastikan bahwa Real Madrid berhak menyegel gelar juara Liga Spanyol keduanya di era kepelatihan Zinedine Zidane. Khusus bagi James Rodriguez, raihan gelar yang diraih oleh Real Madrid semakin menambah koleksi trofinya.

Pemain asal Kolombia tersebut kini telah meraih gelar liga dalam empat musim terakhirnya. Empat gelar tersebut masing masing bersama Real Madrid dan Bayern Munchen sebanyak dua kali. Hanya saja dibalik keberhasilan James Rodriguez bersama timnya meraih gelar juara liga tersebut, ia justru memiliki kontribusi yang minim bagi timnya.

Sebagaimana, ketika Real Madrid mendulang gelar juara Liga Spanyol musim 2016/2017. James Rodriguez kala itu tercatat tampil sebanyak 22 kali bersama Los Blancos. Eks pemain Monaco tersebut mengoleksi delapan gol dan enam assist pada musim tersebut.

Walaupun statistik yang ditorehkan James Rodriguez tidak terlalu mengecewakan. Performa yang ia tampilkan dianggap belum maksimal pada musim dimana Real Madrid juga meraih gelar Liga Champions tersebut. James Rodriguez masih belum mampu menjadi pemain andalan di skuat utama Real Madrid.

Apalagi pada musim tersebut ia beberapa kali harus menepi dari lapangan hijau lantaran cedera. Tak pelak, James Rodriguez akhirnya memutuskan untuk pindah ke Bayern Munchen dengan status pinjaman selama kurun waktu dua tahun. Pemain berusia 28 tahun itu tercatat tampil sebanyak 23 laga bersama Bayern Munchen pada musim perdananya di Bundesliga.

Secara statistik ia mengalami peningkatan dimana koleksi 7 gol dan 11 assist mewarnai penampilannya pada musim tersebut. James Rodriguez total mencatatkan penampilan sebanyak 39 pertandingan di semua kompetisi. Pada musim keduanya bersama Bayern Munchen justru performa pemain Timnas Kolombia tersebut kembali menurun.

Ia hanya mencatatkan total penampilan sebanyak 20 laga saja pada musim keduanya bersama Bayern Munchen. Torehan tujuh gol dan empat assist menjadi kontribusi James Rodriguez kepada Bayern Munchen pada musim 2018/2019. Selama dua tahun pula bersama Bayern Munchen, James Rodriguez telah menambah koleksi dua gelar liga Jerman ke trofi pribadinya.

Setelah menjalani dua musim penuh sebagai status pinjaman, James Rodriguez akhirnya kembali bermain bersama Real Madrid pada musim ini. Hanya saja, James Rodriguez justru disingkirkan oleh Zinedine Zidane dari skuat Real Madrid. Tercatat ia hanya mencetak 1 gol dan 1 assist dalam 8 laga yang telah ia lakoni pada musim ini bersama Real Madrid di Liga Spanyol.

Walaupun tim yang ia bela mampu mendulang gelar liga dalam empat tahun terakhir, namun kontribusi James Rodriguez dinilai tidak maksimal.