Bisnis

Investor Surat Utang ORI017 Terbesar dari Generasi Milenial

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan, meningkatnya kesadaran generasi muda untuk berinvestasi terbilang tinggi. Hal ini tercermin dari tingginya minat investor generasi milenial dan generasi Z atau usia dibawah 20 tahun pada penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) ritel ORI017 kali ini. "Jumlah investor terbesar yang membeli ORI017 berasal dari kelompok generasi milenial, yaitu sebanyak 18.452 investor atau 43 persen dari total investor," ujar Kemenkeu melalui laman kemenkeu.go.id, Selasa (14/7/2020).

Selain itu, porsi investor dari kelompok generasi Z yang merupakan usia pelajar juga meningkat dibandingkan pada penerbitan ORI tahun sebelumnya. Rinciannya yakni menjadi 1 persen di ORI017 dibanding 0,22 persen di ORI016, sehingga hal tersebut menumbuhkan optimisme bahwa dengan semakin banyaknya generasi muda yang berinvestasi di SBN. "Karena itu, pasar SBN ke depannya akan semakin tumbuh dan sustainable karena basis investor di dalam negeri yang semakin kuat," tutup keterangan itu.

Adapun, hasil penjualan obligasi negara ritel seri ORI017 menembus Rp 18,33 triliun, memecahkan rekor penerbitan SBN ritel tertinggi sejak dijual secara online tahun 2018, baik secara nominal, jumlah total investor maupun jumlah investor baru.