Metropolitan

Ini Penjelasan Polisi Viral Pria Sedang Cari Wifi Gratis Ditangkap Dituduh Pengedar Narkoba

Sebuah video dimediasosialviralterkait adanya seorang pria ditangkap polisi sewaktu sedang memainkan ponsel di pinggir jalan. Video berdurasi 5 menit itu diunggah di akun facebook bernama Munx Guevara. Dijelaskan bahwa kejadian itu berada di kawasanTegalAlur, Kalideres,JakartaBarat.

Tolong bantuviralkanya temen", tmen sya kena jebak tdi malem di tegal alur kalideres,, buser msukin barang k dlem bungkus rokok n tmen saya d paksa suruh mgang,, tmen sya dsitu lgi nyari wifi fratis n bner" ga prnahnarkobaataupun minum & ngerokok.. Dia hanya pnjaga toko n dagang bakso mangkal.. tolong bantuviralkan ya kawan kawan, apa jdinya klo bgitu pda diri kita atau org trdekat kita digituin, sdangkan kita ga salah bahkan ga tau apa"… saya Munx Guevara ucapkan trima kasih yg sebesar besarnya," tulis dalam caption video tersebut. Dalam video terlihat, pria tersebut yang sedang berada di teras rumah yang ada di pinggir jalan pada malam hari tiba tiba ditangkap oleh dua orang polisi berpakaian sipil yang membawa senjata.

Saat itu, salah satu polisi juga terlihat seperti mengambil sesuatu dari sekitar lokasi penangkapan. Saat dikonfirmasi, Kapolsek Cengkareng, Kompol Khoiri membenarkan bahwa video penangkapan yangviralitudilakukan oleh anggotanya. "Iya benar, kalau enggak salah hari Selasa," kata Khoiri saat dikonfirmasi, Kamis (7/11/2019).

Khoiri pun menjelaskan kronologis penangkapan pria yang berinisial AE tersebut. Dikatakannya, ditangkapnya AE lantaran malam itu anggotanya memang tengah melakukan pengembangan kasusnarkobadi wilayah tersebut. Sebelumnya, kata Khoiri, pihaknya telah mengamankan dua pengedarnarkobayang menyebut kerap bertransaksi di wilayah tersebut.

Karenanya, anggota Unit Narkoba Polsek Cengkareng mendatangi lokasi untuk memburu seseorang yang diduga sebagai kurir dari dua pengedar tersebut. "Saat tim melakukan observasi dan ternyata memang benar di lokasi barang itu ada disitu. Dan di dekat lokasi itu ada seorang pria yang sedang bermain handphone makanya turut kami amankan," kata Khoiri.

Khoiri menururkan, turut diamankannya AE memang sudah sesuai prosedur. Sebab, polisi memiliki waktu 3×24 jam untuk melakukan pemeriksaan. "Kalau tidak kita amankan, dikhawatirkan yang sudah kita amankan dua orang ini akan curiga. Kenapa orang itu tidak kita amankan karena lokasinya di dekat barang bukti dan kita tidak mengenal orang itu," tuturnya.

Namun lantaran tak menemukan adanya bukti keterlibatan AE dalam kasusnarkoba,polisi pun telah memulangkan pria tersebut. Adapun keberadaan AE di lokasi yang jadi tempat transaksinarkobatersebut rupanya karena dia sedang mencari wifi gratis. "Ternyata setelah kita periksa dia sedang cari wifi gratis. Dan belum sampai 24 jam sudah kami pulangkan dan didampingi keluarganya juga," kata Khoiri.