Kesehatan

Ini Alasannya Gorengan hingga Minuman Bersoda 4 Makanan yang Perlu Dihindari Saat Musim Hujan

Berikut ini adalah berbagai jenis makanan yang harus dihindari ketika musim hujan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan. Saat musim hujan, tubuh akan lebih rentan terkena penyakit musiman seperti flu dan diare. Untuk menghindari berbagai masalah kesehatan tersebut, kita perlu untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Makanan yang sehat dan bergizi bisa membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Makanan yang dikonsumsi saat musim hujan memang sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh selama musim hujan. Selain mengonsumsi makanan yang sehat, menghindari beberapa jenis makanan wajib dilakukan agar terhindar dari masalah kesehatan.

Lalu, makanan apa saja yang perlu dihindari ketika musim hujan tiba? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah berbagai jenis makanan yang perlu dihindari ketika musim hujan tiba. Sayuran hijau memang baik bagi kesehatan tetapi untukmusim hujansebaiknya dihindari.

Hal ini dikarenakan sayuran hujau mengandung kotoran dan kelembaban tinggi. Kondisi tersebut bisa mengundang banyak bakteri. Gorengan memang sangat cocok dinkmati saatmusim hujanapalagi dengan segelas teh.

Tetapi kita harus mengurangi makangorengansaatmusim hujankarena bisa membuat sistem pencernaan kita menjadi lambat. Selain itu,gorenganjuga memiliki kadar garam yang tinggi sehingga mengakibatkan retensi pada air. Musim hujan adalah waktu dimana sejumlah hewan laut berkembang biak khususnya ikan dan udang.

Mengkonsumsiseafoodsaatmusim hujanbisa dipastikanseafoodtersebut kurang segar, jika tetap dikonsumsi dapat mengganggu metabolisme tubuh. Minuman ini saharus kita hindari saatmusim hujantiba. Menurut Dr. Simran Saini, padamusim hujanperut kita akan lebih sensitif, sementara minuman bersoda menyebabkan pengurangan aktivitas enzim dan mineral dalam tubuh akan berkurang.

Dibandingkan minumminuman bersoda, lebih baik banyak minum air putih dan minuman hangat laiinya seperti jahe dan susu. Setelah tahu makanan yang sebaiknya dihindari, tentunya kita bertanya tanya apa yang sebaiknya dikonsumsi saat musim hujan. Saatmusim hujan, penyakit akan mudah menjangkit tubuh jika tidak menjagadaya tahan tubuh.

Menjaga daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari olahraga, hingga makan makanan yang sehat. Mengonsumsi buah buahan menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menjagadaya tahan tubuh. Buah dikenal sebagai makanan yang kaya akan nutrisi dan baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan vitamin, lycopene, dan asam yang terkandung dalam berbagai macam buah sangat baik untuk kesehatan tubuh dan menjagadaya tahan tubuh. Buah bisa dimakan secara langsung ataupun diolah menjadi makanan atau minuman yang lezat. Tomat yang mudah didapatkan dan banyak digunakan sebagai bahan masakan ini ternyata memiliki manfaat dalam menjagadaya tahan tubuh.

Kandungan nutrisi dalam tomat seperti vitamin dan mineral baik untuk tubuh. Tomat memiliki kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan memperkuatdaya tahan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin A, C, E pada buah tomat juga bisa membantu memperkuatdaya tahan tubuhagar tidak mudah terserang penyakit dimusim hujan.

Ada berbagai macam buah beri, dan kesemuanya memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan dalam buah beri sangat tinggi sehingga bisa menangkal radikal bebas dan memperkuatdaya tahan tubuh. Antioksidan dalam buah beri bekerja dengan cara mengeluarkan radikal bebas penyebab stres.

Selain itu, buah beri juga mengandung phytonutrients yang bias melawan berbagai jenis penyakit berbahaya, salah satunya adalah penyakit kanker. Buah kiwi dikenal dengan buah yang kaya akan vitamin C, selain itu buah ini juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi diketahui melebihi kandungan vitamin dari buah jeruk.

Selain itu, kiwi juga mengandung vitamin K yang bisa melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit. Mangga yang sangat populer dan banyak dinikmati oleh orang Indonesia ini ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk meningkatkandaya tahan tubuh. Buah mangga diketahui memiliki berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Selain itu, mangga juga kaya akan serat yang bermanfaat mencegah masalah pencernaan. Kandungan vitamin C dalam buah mangga sangat tinggi, bahkan hampir sama dengan buah jeruk. Mangga juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit dan meningkatkandaya tahan tubuh.

Anggur dikenal dengan buah buahan yang kaya akan vitamin A, B, C, E, dan K. Selain itu, anggur juga kaya akan mineral, magnesium, dan fosfor. Kadnungan dalam buah anggur tersebut diyakini mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan kotoner.

Selain itu, buah anggur juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar mudah terserang berbagai penyakit di musim hujan.