Metropolitan

Ini 2 Sanksi Bagi yang Tidak Memiliki SIKM Jakarta Pilih Putar Balik atau Dikarantina 14 Hari

Bagi masyaratakat yang tidak dapat menunjukkan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) di wilayah Jakarta siap siap mendapatkan sanksi dari petugas. Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2020 ada 2 jenis sanksi yang bisa diberikan. Pertama akan diminta putar balik atau menjauhi wilayah DKI Jakarta.

Sedangkan sanksi kedua jika yang bersangkutan tidak mau, maka diwajibkan melakukan isolasi selama 14 hari. Tempat isolasi tersebut berada di tempat yang telah disediakan. "Di tempat yang telah ditetapkan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid 19 DKI Jakarta," ucapnya dikutip dari YouTube KompasTV, Selasa (26/5/2020).

Sambodo dalam kesempatan tersebut juga menjelaskan perihal adanya sistem3 ring untuk dilakukannya penyekatan kendaraan yang hendak masuk wilayah Jakarta. Iamengatakan, di setiap ring terdapat pos pos atau check point yang akan digunakan oleh petugas mengecek pengendara memiliki SIKM atau tidak. "Pemeriksaan kepatuhan terhadap adanya aturan SIKM ini dilakukan secara berlapis."

"Bisa saya katakan bahwa ada 3 ring untuk menyekat orang yang masuk Jakarta tanpa memiliki SIKM." "Penyakatan ring terluar atau ring 3 dilakukan oleh Polda Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat." "Setiap kendaraan akan ditanya apa memilikiSIKM atau tidak," kata dia.

Sambodo melanjutkan, sedangkan di ring 2 berdasarkan rapat yang dilakukan oleh berbagai intansi terkait, diputuskan ada 11 pos pemeriksaan. Pos tersebut tersebar di sejumlah wilayah di sekitar Jakarta. "Yaitu 4 di Bogor, 4 di Bekasi Kabupaten, 3 di Tangerang Kabupaten, total ada 11 titik."

"Di ring satu kami menggunakan 8 titik check point PSBB yang kemudian digunakan untuk pelaksanaan pemeriksaan SIKM ini," imbuh Sambodo. Sambodo menambahkan pemeriksaan SIKM juga terdapat di gerbang tol. "Dari Semarang, Kalikangkung, Pejagan, Brebes, sampai Karawang Barat sampai kilometer 47 sampai nanti di kilometer 29, Gerbang Tol Cikarang Utama itu ada pemeriksaan," lanjutnya.

Kemudian dari arah Banten pemeriksaan SIKM terdapat di daerah Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang. "Di jalan alterinya mulai Kedungwaringin masuk Bekasi Kabupaten, kemudian di Ciawi, di Cianjur, dan Cigombong." "TermasukJalan Raya Serang untuk dari arah Banten juga ada check point check point untuk pemeriksaan kepatuhan SIKM ini," urai Sambodo.