Techno

Fitur Following di Instagram Telah Dihapus Apa Dampaknya Bagi Pengguna

Fitur paling kontroversial di media sosial Instagram saat ini telah menghilang. Pasalnya tab following pada Instagram sudah tidak ada, berganti dengan halaman explore. Simak dampak dan keunggulan fitur following pada instagram.

Kini, tab following padakolom aktivitas di Instagram menghilang. Fitur 'following' pada instagram pasalnya digunakanuntuk melihat aktivitas akun followers dan following yang diikuti. Caranya denganmengakses melaluitab 'Activity' atau ikon hati yang berada di bagian bawah aplikasi (di mana bisa juga melihat notifikasilikesdanfollowersbaru) kemudian mengetuk kolomFollowing.

Namun sebagai penggantinya, kini Instagram sudah memiliki fitur baru melalui halamanExploredimana dalam tab tersebut disajikan dalam format yang lebih mudah diakses. Pada fitur 'following' menampilkan segala aktivitas penggunanya yang terjadi di Instagram. Baik beberapa menit yang lalu atau bahkan minggu lalu.

Dengan demikian, orang lain dapat melihat aktivitas seseorang di Instagram. Seperti mengetahui foto apa yang disuka, akun apa saja yang baru saja diikuti, hingga mengomentari sebuah unggahan. Hal ini sudah banyak dibahas dan isu privacy dalamrekam aktivitas tersebut dapat mengacaukan suatu hubungan.

Misalnya, saat seseorang menemukan bahwa pasangannnya menyukai foto wanita berbikini pada pukul tiga pagi. Bahkan ketika pengguna Instagram mengetahui bahwa anggota keluarga mereka menyukai konten konten mencurigakan yang membuat diri mereka tak nyaman. Pihak Instagram mengonfirmasi kepada BuzzFeed bahwa penghapusantabFollowingtelah dimulai sejak minggu lalu (6/10/2019).

Vishal Shah sebagai Head of ProductInstagram menyampaikan kepada media tersebut bahwa hanya sebagian kecil pengguna yang menyadari akan keberadaan fiturFollowing. Tidak banyak orang yang menyadari bahwa kolom ini sebenarnya pernah ada. Lalu bagi pengguna Instagram yang termasuk dalam kelompok yang mengetahui keberadaantabFollowing, fitur ini mungkin lebih memberikan manfaat yang kurang baik.

"Tidak semuanya tahu jika aktivitasnya terekam ditab Following," kata Vishal Shah kepada BuzzFeed . "Sehingga, Anda setidaknya menyadari bahwa fitur ini sebenarnya tidak terlalu bermanfaat, namun secara bersamaan orang lain bisa terkejut ketika mengetahui bahwa selama ini aktivitas mereka di Instagram tercatat di sini." Beberapa menyayangkan penghapusan fitur ini, sebab dengan demikian hilang pula kesempatan mereka untuk 'menguntit' aktivitas orang orang yang mereka sukai melalui media sosial.

Hingga mengetahui kebiasaan teman teman mereka yang senang melihat video video aneh alih alih melakukan kegiatan lain di rumah. Penelitian esai terkait fitur ini telah dipublikasikan olehSlate. Menurutnya, hilangnyatab Following ini membuat kita sebagai warga Instagram kehilangan kesempatan berharga untuk melihat sisi lain yang tak biasa dari para figur publik saatberada di dunia maya.

Kendati demikian, kebiasaan untuk menyukai foto foto di Instagram sesuka hati mereka akan terus berlanjut seperti biasa. Kini, semua aktivitas following dan followers yang dilakukan di instagram tidak diketahui oleh orang lain. Peluncuran fitur tampilan baru aplikasi Instagram telah dirilis baru baru ini.

YaknifiturInstagramdarkmodeataufiturmodegelapInstagram. TerkaitfiturmodegelapdiInstagramtersebut, bisa diaktifkan di ponselAndroiddaniPhone. Simak pengaturan caranya.

Sosial mediaInstagram kini telah resmi merilis 'dark mode' atau mode gelap untuk pengguna iPhone iOS 13. Dark mode atau mode gelap ini akan membuat pengguna lebih nyaman saat mengakses foto maupun video di Instagram yang biasanya terasa mencolok karena latar aplikasi berwarna putih cerah. Untuk mengaktifkan mode ini, handphone harus menggunakan fitur mode gelap.

Bila mode gelap tidak diaktifkan, maka tampilan pada Instagram tidak akan berubah dan akan kembali seperti biasa. Fitur mode gelap Instagram hanya bisa diterapkan pada iPhone yang juga mendukung mode gelap pada pengaturan operasi sistem. Hanya iOS 13 yang mendukung mode gelap tersebut.

Berikut langkah langkah untuk mengaktifkan mode gelap pada iPhone: Buka Settings > Display > pilih 'Dark Mode' Unduh aplikasi Instagram di app store versi terbaru.

Mode gelap hanya dapat digunakan pada Instagram versi terbaru. Kini Instagram sudah secara otomatis menggunakan mode gelap. Apabila ingin mengembalikannya ke tampilan biasa, tinggal ganti dari 'dark mode' ke 'light mode' di pengaturan iPhone.

Untuk pengguna Android saat ini juga sudah bisa menggunakan mode gelap di Instagram. Hanya saja fitur tersebut baru bisa digunakan dalam versi beta. Sama halnya dengan iPhone, mode gelap Instagram pada Android juga hanya bekerja pada ponsel yang memiliki mode gelap.

Mode gelap ini hanya didukung pada ponsel dengan Android 10. Untuk Android versi 9 (Oreo) ke bawah, tidak ada opsi mode gelap. Langkah langkah yang perlu dilakukan:

Settings > Display > Night Mode > On Buka App Store > scroll hingga menemukan kolom "You're a Beta Tester" > pilih "Join Beta" lalu tunggu beberapa saat. Setelah berhasil bergabung dalam versi beta, selanjutnya perbarui aplikasi Instagram versi beta.

Tampilan Instagram kini sudah dalam mode gelap Buka aplikasi Instagram dan lihat perubahannya. Jika ingin kembali ke tampilan sebelumnya, pengguna hanya perlu menonaktifkan mode gelap pada pengaturan ponsel.