Techno

Entry Level Baru dengan Baterai Jumbo & Desain Premium Review realme C11

Belum lama berselang setelah peluncuran empat produk realme yang luar biasa, realme ternyata kembali mendatangkan smartphone terbarunya ke Indonesia. Kali ini datangnya dari segmen entry level, realme akan terus penuhi kebutuhan konsumen Indonesia melalui produk terbarunya dari seri C. Seri C dari realme ini merupakan salah satu lini dengan penjualan terbanyak. Smartphone ini telah digunakan oleh 13 juta orang di dunia, jadi tak heran jika realme melakukan update lewat realme C11.

Realme C11 hadir dengan slogan “Baterai Cadas, Seru Tanpa Batas” diposisikan sebagai penerus langsung dari realme C2 yang telah diluncurkan pada Mei 2019. Hadirnya realme C11 ini juga diharapkan dapat memperkuat posisi C Series dari realme sebagai Entry Level King smartphone untuk anak muda Indonesia. Apalagi menurut realme, pasar Indonesia ini akan jadi yang pertama untuk menjual realme C11 sehingga Anda yang membeli realme C11 setelah peluncurannya pada hari ini akan menjadi yang pertama di dunia untuk memilikinya. Kami telah kedatangan 1 unit realme C11 untuk kami ulas. Berikut kami ceritakan pengalaman kami setelah memakai realme C11 dalam beberapa hari.

Realme sebagai smartphone dengan trendsetting technology dan trendsetting design berikan nuansa desain baru pada realme C11 dengan tampilan modul kamera layaknya smartphone flagship yang sedang tren saat ini. Disebut dengan Geometric Design, realme C11 tersedia dengan dua pilihan warna menarik, yaitu Mint Green dan Pepper Grey. Warna warna ini dipercaya akan memberikan rasa visual khusus bagi penggunanya. Warna dan desainnya terlihat unik karena berbeda dari seri C sebelumnya. Saat diraba, realme C11 memiliki tekstur yang kasar, tidak licin, karena adanya lekukan yang diproses menggunakan teknologi mutakhir dari Jerman.

Teknologi ini juga membuat realme C11 lebih berwarna, menarik, nyaman digenggam, dan minim bekas sidik jari. Anda juga bisa menemukan akses seperti pita yang terbentang dari modul kamera dengan ukiran logo realme lebih ikonik dan indah. Desain realme C11 cukup berbeda dengan smartphone yang berada di kelasnya. Di sini realme berhasil membuat bodi smartphone barunya terlihat lebih premium dan juga trendi. Semua itu berkat modul kamera berbentuk kotak berwarna hitam yang saat ini tengah naik daun. Bukan hanya desainnya saja yang memukau, tapi layar berbentang 6,5 inci dari realme C11 membuatnya memiliki bidang pandang ekstra besar.

Struktur layarnya mengadopsi proses susunan yang baru, layar Mini drop, membawa rasio layar ke angka 80,7% yang memungkinkan Anda dapat melihat layar dengan leluasa. Menurut kami, layar besar untuk entry level berikan banyak keuntungan. Salah satunya ialah pengalaman terbaik untuk bermain game, mendengarkan musik dan menonton video. Sehingga dengan harga yang pastinya terjangkau, gangguan visual dapat diminimalisir. Realme C11 memiliki 13MP kamera utama dengan sensor dan aperture besar f/2.2 yang cukup untuk menangkap cahaya dan membuat hasil fotonya lebih jelas dan cerah.

Fokus pada kameranya juga lebih akurat jika dibandingkan dengan produk sebelumnya di seri C. Anda juga berkesempatan untuk menggunakan fitur bokeh untuk aktivitas sosial media sehingga foto yang diambil nampak lebih alami dan subjek bisa lebih menonjol. Menariknya, realme C11 kini dilengkapi dengan Nightscape, fitur terbaik yang biasanya Anda temukan di kelas segmen menengah ke atas. Dari sini terlihat jika realme tidak main main untuk hadirkan produk terbarunya di jajaran entry level lainnya di Indonesia. Boleh dikatakan dengan adanya fitur ini, realme C11 bisa jadi smartphone entry level pertama yang memiliki fitur Nightscape.

Fitur Nightscape di realme C11 ini juga cukup baik untuk smartphone dengan harga terjangkau. Algoritma dari Mode Nightscape dapat mengambil beberapa foto dalam exposure berbeda kemudian menggabungkannya jadi foto dengan memilih foto terbaik dari seluruh hasilnya. Secara keseluruhan hasilnya juga lumayan jernih dan terang. Kami cukup puas untuk menggunakannya di malam hari. Detil yang dihasilkan cukup baik di kondisi cahaya redup. Realme C11 ini juga dilengkapi baterai berkapasitas 5.000 mAh. Saking besarnya, kami kesulitan untuk menghabiskan masa pakai baterai dari realme C11 dalam waktu satu hari.

Sebab, realme C11 dengan baterai besar ini didesain khusus untuk Anda penyuka game, menonton video, memainkan musik bahkan dengan waktu siaga terpanjang. Hal ini diungkapkan realme jika produk barunya ini sanggup bertahan hingga 40 hari dalam mode siaga, membuktikan baterainnya lebih baik dari beberapa smartphone flagship. Melalui hasil tes, kami bisa bermain PUBG hingga 10 jam, telepon 31 jam, memutar video secara offline 21 jam, memutar musik secara offline 169 jam, dan menyalakan YouTube selama 19 jam.

Tak hanya besaran baterai dan efisiensi penggunaan daya, realme juga memasukkan fitur OTG reverse charging. Dengan adanya OTG reverse charging, realme C11 dapat mengisi baterai perangkat digital Anda lainnya. Untuk mendukung para penikmat game ponsel, selain layar dan baterainya yang besar, chispet MediaTek Helio G35 ini adalah pelengkapnya. Tentunya ini dikarenakan MediaTek Helio G35 merupakan prosesor game terbaik di segmen entry level. Prosesor ini juga sangat ideal untuk pengguna smartphone dan gamer pemula karena dapat mengatasi sebagian besar aplikasi dan game yang umum dimainkan.

Dibandingkan dengan smartphone lain di segmen yang sama, skor AnTuTu benchmark realme C11 dinilai lebih tinggi dengan angka di kisaran 120.000. Angka tersebut bisa dicapai berkat konfigurasi inti prosesor 2×2.3Ghz Cortex A76 & 6x 1.7 GHz – Cortex A55. Sama seperti pendahulunya, realme C11 memiliki dua varian memori 2+32GB, 3+32GB yang dilengkapi dengan slot 3 kartu, dua untuk kartu SIM dan yang lainnya untuk kartu MicroSD yang bisa ditambah hingga 256GB. realme C11 ini sudah berbasis Android 10 dan menggunakan antarmuka realme UI besutan realme. Layar besar, baterai besar, chipset kelas game, dan kamera fitur malam yang canggih dibalut dengan desain belakang yang premium, merupakan beberapa keunggulan dari realme C11. Anda akan kesulitan menemukan beragam keunggulan yang sama pada smartphone lain di kelas entry level.

Ukiran pada bodi belakangnya yang mewah dengan teknologi mutakhir juga membuat realme C11 lebih elegan. Dengan fitur tambahan seperti Dual Mode untuk berbagi musik dengan menggunakan wireless earphone + earphone kabel, Focus Mode pada smartphone sehingga Anda dapat berkonsentrasi dan rileks menjadi pelengkap yang sempurna. Seluruh keunggulan yang ada pada realme C11, tentu kami merekomendasikan realme C11 sebagai pilihan menarik pada rentang harga dikisaran Rp 1.5 jutaan.

Tentang Penulis

Natalia Rahayu

Natalia Rahayu

Banyak dari kegagalan dalam hidup yang terjadi adalah, orang-orang yang tidak menyadari seberapa dekat mereka dengan kesuksesan ketika mereka memutuskan untuk menyerah.

Tanggapan Anda

Click here to post a comment