Nasional

Edhy Prabowo dr Terawan Nadiem Makarim Profil Lengkap Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan M’ruf Amin telah mengumumkan jajaran menteri. Dengan nama Kabinet Indonesia Maju periode 2019 2024, Jokowi mengumumkan 34 menteri dan 4 pejabat setara menteri yang akan menjabat sesuai dengan tugas dan penetapannya. Banyak nama menteri lama yang dipertahankan Jokowi, tapi tak sedikit pula yang menghiasi wajah baru Kabinet Maju.

Total ada 20 wajah baru dalam Kabinet Maju, sebut saja Edhy Prabowo, Nadiem Makarim, dr Terawan, hingga Fakhrul Razi. Nama Mahfud MD mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Ia merupakan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII).

Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008 2013. Mahfud MD uga memegang jabatan sebagai Ketua Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), Ketua Dewan Kehormatan Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), dan Ketua PP IKA UII dan Ketua Dewan Pleno PressCode. Tito Karnavian dikenal memiliki jejak karier cemerlang.

Sosok Tito Karnavian bisa dikatakan kecil kecil cabe warit. Ia kerap memecahkan rekor, berhasil mengungkap kasus besar yang menghebohkan publik. Mulai dari penangkapan Tommy Soeharto hingga gembong teroris seperti Dokter Azhari hingga Noordin M Top.

Tak heran kariernya terus melejit, pangkatnya pun terus naik hingga menjadi seorang Jenderal. Kiprahnya dalam membongkar kasus terorisme, membuat dirinya sempat menduduki jabatan sebagai Kepala Densus 88 Antiteror. Selain itu, Jenderal Polisi ini sempat pula menjabat sebagai kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Tito Karnavian juga pernah menjadi Kapolda Papua hingga Kapolda Metro Jaya. Prabowo lahir di Jakarta, 17 Oktober 1951, dari pasangan ekonom Indonesia Soemitro Djojohadikusumo dengan Dora Soemitro. Pendidikan masa kecilnya ditempuhnya di Malaysia, Swiss, dan Amerika Serikat.

Pada 1969, Prabowo masuk Akademi Militer (Akmil) Magelang untuk menempuh pendidikan militer dan tamat pada 1974. Karier militernya diawali dengan menjadi Komandan Pleton Grup I Kopassus dan bertugas di Timor Timor. Pada tahun 1983, karier militernya semakin cemerlang dengan menjadi Wakil Komandan Detasement 81 Penanggulangan Teror (Gultor) Kopassus.

Beberapa tahun kemudian, Prabowo diangkat menjadi Komandan Jenderal Kopassus. Sebagai Danjen Kopassus, kariernya semakin bersinar setelah memimpin pembebasan sandera Mapenduma. Pada 1998, Prabowo menjadi Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), dengan membawahi sekitar 11.000 prajurit.

Ketika Reformasi 1998, Prabowo dipercaya untuk mengamankan Jakarta karena situasi politik yang sedang kacau dengan diwarnai aksi demo besar besaran. Pasca reformasi, Prabowo diberhentikan dari jabatan Pangkostrad. Kemudian, ia ditugaskan sebagai Komandan Sekolah Staf dan Komando ABRI

Jokowi memilih Arifin Tasrif sebagai menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang baru. Arifin dipercaya menduduki kursi menteri ESDM menggantikan Ignasius Jonan. Sambil duduk lesehan di Istana Presiden Jakarta, Rabu (23/10/2019), Jokowi memperkenalkan seluruh menterinya termasuk Arifin.

Arifin sebelumnya menjabat Duta besar Indonesia untuk Jepang. Arifin juga merupakan mantan Dirut Utama PT Pupuk Indonesia serta PT Petrokimia Gresik. Agus Suparmanto merupakan Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar (PB) Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) masa jabatan 2018 2022.

Jabatan tersebut juga telah ia duduki di periode sebelumnya. Dari informasi yang dihimpun, Agus juga merupakan Direktur Utama PT Galangan Manggar Biliton (GMB). Di perusahaaan tersebut, pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra berada di satu jajaran pimpinan.

Berdasarkan pemberitaan tahun 2016, GMB pernah menggarap proyek pembangunan dok kapal di Manggar, tepatnya di pinggir aliran sungai Manggar, Belitung Timur. Dalam proyek ini, GMB menggandeng anak usaha PT Timah Tbk. Syahrul Yasin Limpo lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 16 Maret 1955.

Ia adalah seorang politikus NasDem yang pernah menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan sejak 8 April 2008 hingga 8 April 2018. Ia memenangi pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan 2007 dan 2013 bersama pasangannya Agus Arifin Nu'mang. Syahrul Yasin Limpo adalah mantan Gubernur Sulawesi Selatan yang pertama kali dipilih secara langsung. Sebelum menjabat sebagai Gubernur, Syahrul Yasin Limpo pernah menjabat sebagai Bupati di Kabupaten Gowa selama dua periode

Edhy Prabowo adalah politisi Gerindra sekaligus Wakil Ketua Umum Gerindra. Sebelumnya, Edhy merupakan Ketua Komisi IV DPR RI periode 2014 2019. Secara kebetulan, komisi ini memegang urusan kehutanan, kelautan/maritim, pertanian, dan pangan.

Di usia muda, ia awalnya dikenal masyarakat sebagai atlet pencak silat nasional. Namanya moncer kala berjaya di event Pekan Olahraga Nasional (PON). Dia juga pernah mengikuti kejuaraan tingkat mancanegara.

Kariernya di militer dimulai pada 1991 atau saat ia berhasil diterima menjadi anggota Akabri di Magelang. Sayang, kariernya jadi tentara sebentar karena hanya bertahan dua tahun. Edhy kemudian mengenyam ilmu pendidikan Fakultas Ekonomi Universitas Moestopo.

Ida pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Fatayat NU. Ida Fauziah adalah wakil rakyat sejak 1999 hingga sekarang atau 20 tahun duduk di kursi DPR. Wanita kelahiran Mojokerto 17 Juli 1969 ini pernah menjadi Ketua Fraksi PKB di DPR.

Ida pernah berpasangan dengan Sudirman Said di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah. Namun, dia gagal setelah kalah suara dari pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin. Pada Pilpres 2019, Ida masuk pada tim kampanye nasional (TKN) Jokowi Ma'ruf.

Dia diamanati untuk menjabat sebagai Direktur Penggalangan Pemilih Perempuan. Sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan juga diisi oleh politisi asal PKB, Hanif Dhakiri. Hanif, menjelang akhir masa jabatannya sempat ditunjuk menjadi Plt Kementerian Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Abdul Halim Iskandar adalah kakak kandung Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Keduanya sama sama lahir di Jombang dan besar dari keluarga pondok pesantren. Selain itu, ia masih tercatat memiliki hubungan darah dengan presiden keempat RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sebagai paman keponakan.

Abdul Halim lahir pada 14 Juli 1962. Ia merupakan suami dari Lilik Umi Nashia. Sebelum terjun ke dunia politik, ia pernah dipercaya sebagai Ketua DPRD Kabupaten Jombang dua periode berturut turut.

Nama dokter Terawan pernah jadi pemberitaan karena dianggap telah melanggar kode etik dengan metode "cuci otak." Hal ini membuat Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, Aburizal Bakrie sempat menyerukan upaya penyelamatan dokter Teriawan lewat akun Instagram. Abrizal Bakrie mengungkap, metode yang digunakan dokter Terawan sudah menolong dan terbukti mampu mencegah maupun mengobati ribuan penderita stroke.

Hal itulah yang kemudian membuat nama dokter Teriawan kemudian menjadi trending topik di Google. Pria bernama lengkap Nadiem Anwar Makarim ini lahir di Singapura pada 4 Juli 1984, dari pasangan Nono Anwar Makarim dan Atika Algadrie. Nadiem menempuh pendidikan di Jakarta dan United World College of Southeast Asia (UWC SEA) Singapura, dan bertolak ke Amerika Serikat (AS).

Di AS, dia menempuh kuliah sarjana di jurusan Hubungan Internasional Brown University kemudian mengambil strata S2 di Harvard University. Selepas lulus dari Harvard, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berusia 35 tahun itu kembali ke Indonesia. Ia bekerja sebagai konsultan di McKinsey pada 2006 2009 dan mengembangkan Gojek yang saat itu dia klaim memiliki 15 pegawai dan 450 driver.

Kemudian pada 2013 2014, dia bekerja sebagai Chief Innovation Officer Kartuku di sela pengembangan Gojek. Kartuku kemudian diakuisisi untuk memperkuat GoPay. Kemudian pada 2010, dia mendirikan Gojek, startup decacorn yang saat ini nilainya ditaksir 10 miliar dolar AS, atau Rp 140,5 triliun. Ia adalah Anggota DPR RI periode 2019 2024 dari Dapil Jateng I.

Juliari baru saja kembali terpilih menjadi Wakil Bendahara Umum Bidang Program dalam Kongres ke V PDI Perjuangan yang berlangsung di Sanur, Bali (8/8/2019). Juliari berada di Komisi VI – Perdagangan, Perindustrian, Investasi, Koperasi, UKM & BUMN, Standarisasi Nasional ini. Juliariterkenal sangat kritis terhadap hal hal yang melanggar konstitusi dan hak rakyat.

Fachrul Razi merupakan lulusan Akademi Militer 1970 ini berpengalaman dalam bidang infanteri. Sebelum menjadi Menteri Agama, Fachrul Razi adalah jenderal bintang empat yang memiliki jabatan terakhir sebagai Wakil Panglima TNI. Ia dikenal sebagai pendiri sekaligus CEO NET TV.

Ia sempat menghabiskan masa SMA di Kooralbyn International School Queensland Australia dan International School of Singapore Wishnutama mulai bekerja di dunia pertelevisian di stasiun TV Indosiar, pada 1994. Ketika itu, Indosiar masih dimiliki oleh PT EMTEK milik Eddy Kusnadi Sariaatmadja.

Saat bekerja di Indosiar, ia menjabat sebagai Supervisor On Air Promotion. Setahun berselang, ia pindah ke divisi produksi sebagai Production Assistant. Kemudian, kariernya semakin berkembang menjadi Executive Producer News and Production Division.

Ia diangkat menjadi Production Manager dan melahirkan sejumlah program andalan di Indosiar sepert Pesta, Gebyar BCA, Patroli, Satu Jam Bersama, dan Saksi. Tahun 2001, ia pindah ke Trans TV menjadi Kepala Divisi Produksi. Selang dua tahun, kariernya kembali menanjak menjadi Direktur Operasional.

Setahun berikutnya, ia menjadi Wakil Direktur Utama atau Managing Director. Ia juga sempat menjadi Direktur Utama TV 7 yang kemudian berubah nama menjadi Trans 7. Johnny Gerard Plate lahir di Ruteng, Manggarai, NTT pada 10 September 1956.

Ia merupakan lulusan dari Universitas Atma Jaya, Jakarta. Johnny mempunyai istri Maria Ana serta memiliki tiga orang anak. Latar belakang Johnny adalah seorang pengusaha serta politisi.

Namun, usaha yang pernah digelutinya tidak ada kaitannya dengan jabatan yang saat ini ia emban, yakni sebagai Menkominfo. Adapun usaha Johnny bergerak di bidang alat alat perkebunan. Beberapa di antaranya adalah PT Bima Palma Nugraha dan PT. Mandosawo Putratama Sakti.

Selain itu, ia juga pernah menggeluti dunia pernerbangan. Tepatnya tahun 2007 2015, ia pernah menjadi bagian dari bisnis Air Asia. Teten Masduki lahir di Garut pada 6 Mei 1963.

Teten Masduki menempuh pendidikannya di SMAN 1 Garut dan melanjutkan ke IKIP Bandung mengambil jurusan Kimia. Semasa kuliah, Teten Masduki sering mengikuti kelompok kelompok diskusi. Teten Masduki juga diketahui pernah mengikuti aksi demonstrasi membela petani yang tanahnya dirampas di Garut.

Selain itu Teten Masduki juga pernah mengikuti kursus tentang kepemimpinan LSM di El Taller, Tunisia selama tiga bulan. Teten Masduki mengawali kariernya sebagai staf peneliti pada Institut Studi dan Informasi Hak Asasi Manusia pada 1978 hingga 1989. Setelah itu, Teten Masduki menjadi Kepala Litbang Serikat Buruh Merdeka Setiakawan selama setahun.

Wanita kelahiran Bali, 24 November 1968 itu aktif di Dewan Kerajinan Nasional (Dekarnas), menjabat sebagai Ketua Bidang Manajemen Usaha. Ia juga dipercaya sebagai Ketua Bidang II Penggerak PKK, serta Ketua Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga Besar Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja. Pada Mei 2019, melalui lelang, Bintang berhasil menjadi satu dari delapan pejabat Eselon II Pemkot Denpasar.

Ia dilantik sebagai Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Denpasar. Tak hanya aktif di pemerintahan, Bintang juga punya kegemaran di bidang olahraga, khususnya tenis meja. Kecintaannya pada tenis meja membawa Bintang pada berbagai pertandingan. Ia bahkan menjabat sebagai Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMS) Bali pada 2015 2019.

Suharso pernah menjadi anggota DPR pada periode 2004 2009 dan terpilih kembali di periode berikutnya. Namun, pada 2009, ia meninggalkan tugasnya sebagai anggota dewan karena ditunjuk Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Menteri Perumahan Rakyat. Pada Oktober 2011, ia mengundurkan diri karena alasan pribadi.

Setahun setelah Presiden Joko Widodo menjabat, tepatnya pada Januari 2015, ia dilantik sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Pria kelahiran Mataram, 31 Oktober 1954 itu juga dikenal sebagai pengusaha. Sebelum berkecimpung di dunia politik, Suharso beberapa kali memimpin perusahaan.

Antara lain Direktur PT Bukaka Sembawang Systems (1995 1998), Komisaris PT Batavindo Kridanusa (1996 2000), jadi Peneliti atau Project Leader Produk Unggulan dan Kebijakan Industri Nasional di KADIN, hingga Komisaris Utama PT Agro Utama Global. Erick lahir di Jakarta pada 30 Mei 1970. Ayahnya yakni Teddy Tohir, satu pemilik Astra International.

Sosok Erick cukup dikenal luas publik sebagai salah satu konglomerat Indonesia. Mahaka Group yang ia dirikan adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang media, telekomunikasi, rumah produksi hingga olahraga. Pria 49 tahun panyandang gelar Master of Business Administration dari Universitas Nasional California ini juga aktif dalam bidang olahraga mulai basket hingga sepak bola.

Ia tercatat sempat mengakuisisi saham mayoritas Inter Milan, satu klub sepak bola besar di Italia. Berkat itu, Erick lantas menjadi Presiden Inter Milan pada 2013. Erick juga tercatat memiliki saham di klub sepak bola Amerika, DC United dan pernah sebagai pemilik klub bola basket NBA Philadelphia 76ers.

Di dalam negeri, Erick menjadi pemegang saham di klub sepak bola Persib Bandung. Ia juga dipercaya pemerintah menjadi Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) Zainudin merupakan Ketua DPP Partai Golkar periode 2014 2019.

Ia juga merupakan anggota DPR RI selama empat periode dan menempati berbagai komisi. Untuk periode 2014 2019, ia menduduki Komisi II yang mengurus Pemerintahan Dalam Negeri dan Otonomi Daerah, Aparatur dan Reformasi Birokrasi, Kepemiluan, serta Pertanahan dan Reforma Agraria. Selain politikus, pria kelahiran Gorontalo, 16 September 1962 itu juga seorang pengusaha.

Sebelum terjun ke dunia politik, ia pernah memimpin sejumlah perusahaan yakni PT Putra Mas, PT Wirabuana Dwi Jaya Persada, PT Gitrana Sendiko, PT Surya Terang Agung, PT Makmur Triagung, dan PT Supra Dinakarya.