Corona

DIY Catat Nol Kasus Baru Pasien Positif Covid-19 Kemarin

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DI) mengumumkan 0 kasus baru Covid 19 di DIY pada 2 Juni 2020. Ini berdasarkan pemeriksaan 99 sampel yang ada di laboratorium BBTKLPP Yogyakarta dan RSUP Dr Sardjito. "Yang tidak running lab FK UGM (RSA UGM). Belum tau alasannya," ucap Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid 19 Berty Murtiningsih, Selasa (2/6/2020).

Tidak adanya penambahan kasus baru positif Covid 19 di DIY membuat jumlah kasus hingga 2 Juni 2020 sebanyak 237 kasus. Berty mengumumkan 2 kasus yang berhasil sembuh dari Covid 19. Hal ini membuat tingkat kesembuhan di DIY hingga 2 Juni 2020 sebanyak 169 kasus.

"Dua pasien yang sembuh adalah kasus 93 laki laki usia 47 tahun warga Sleman dan kasus 197 perempuan usia 42 tahun warga Sleman," terangnya. Selanjutnya pada hari yang sama dilaporkan PDP meninggal dalam proses laboratorium, sudah diambil swab, yakni laki laki usia 94 tahun warga Sleman memiliki riwayat sakit ginjal. Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan bahwa R0 di DIY sudah di bawah 1 selama dua pekan terakhir.

Saat terjadi lonjakan kasus di DIY, R0 tersebut sempat berada di angka 1 hingga 2,5. "Penurunan karena kita tracing, sudah diperiksa, dan hasil tracing sudah kita laporkan. Tingkat penyembuhan cukup bagus, kematian rendah. Di Rumah Sakit Hardjolukito kemarin bahkan apsien usia 71 tahun sembuh dalam 75 hari, normalnya tidak selama itu," ungkapnya. Aji menambahkan, bahwa sebenarnya dengan R0 di bawah 1 sudah memenuhi indikator untuk menerapkan new normal di DIY.

"Tapi bukan itu satu satunya (indikator). Kita tidak ingin gegabah. Pendidikan kita pikirkan terakhir karena kita tidak ingin ada kluster sekolah. Tempat tempat hiburan wisata kalau penyelanggara belum siap, SDM belum ditraining untuk SOP yang baru, ya jangan (buka)."