Techno

Dengan Gojek #PastiAdaJalan Cari Kuliner Unik & Enak di Semarang

Siapa sih yang belum mengenal Kota Semarang? Pasti sudah pada kenal dong. Kota yang memiliki icon Tugu Muda dan Lawang Sewu ini ternyata sedang gencar untuk meningkatkan jumlah wisatawan. Bahkan, Pemerintah Daerah Kota Semarang sedang menerapkan konsep smart city untuk menambah daya tarik bagi para wisatawan. Tak hanya itu, Semarang pun juga begitu gencar untuk promosikan wisata kuliner, rohani, sejarah, alam, dan lainnya. Sejalan dengan itu, melalui program Plesiran Bersama Gojek, perusahaan karya anak bangsa tersebut ingin mengintegrasikan semua kebutuhan masyarakat secara menyeluruh termasuk memudahkan para wisatawan saat berkunjung ke suatu daerah.

Bahkan, teknologi Gojek juga bisa dimanfaatkan untuk para pelancong yang ingin plesiran di Kota Semarang. Melalui fitur GoFood, masyarakat dan pemilik UMKM kuliner lebih mudah dipertemukan. “Sebagai ekosistem dan Super App yang paling disukai di Indonesia serta memberikan solusi bagi penggunanya, kami memaksimalkan berbagai potensi di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kami telah berevolusi menjadi ekosistem lengkap dan membawa dampak sosial bagi lebih banyak orang. Evolusi Gojek menjadi sebuah ekosistem merupakan langkah strategis dalam menyediakan solusi kebutuhan masyarakat yang selama ini menjadi hambatan,” ujar VP Corporate Affairs Gojek, Michael Say. Bahkan hingga hari ini tercatat, sebanyak 1,2 juta ragam kuliner dari 500 ribu mitra UMKM bisa dinikmati oleh pelanggan di aplikasi GoFood. Khusus di Semarang, lebih dari 20.000 merchant telah bergabung dalam ekosistem GoFood.

Tak sedikit merchant merasakan banyak manfaat setelah tergabung dalam ekosistem Gojek. Seperti yang diungkapkan oleh merchant GoFood Lekker Paimo dan Loenpia Mbak Lien, mereka mengatakan telah mengalami peningkatan transaksi semenjak bergabung dengan GoFood. Lekker Paimo yang cukup terkenal dan dicari wisatawan atau warga sekitar mengungkapkan, penjualan lekker melonjak lebih dari 80% semenjak bergabung di dalam ekosistem GoFood pada 2017. Hal serupa juga diungkapkan oleh Loenpia Mba Lien mengalami peningkatan hingga 30% sejak tahun 2017 dan 50% orderan diterima dari GoFood. “GoFood sangat membantu pelanggan kami yang terbatas waktunya untuk mendapatkan loenpia kami, khususnya yang dari luar kota. Mereka bisa memanfaatkan layanan pesan antar tanpa antri. Di hari biasa, kami dikunjungi rata rata 40 driver Gojek per harinya sementara akhir pekan dan musim liburan meningkat lebih dari 60 driver rata ratanya. Tak hanya itu, Loenpia kami menjadi lebih dikenal luas,” ujar putra ke 3 Mbak Lien, pemilik Loenpia Mbak Lien, Yeheskiel Hadyrahardja.

Dari segi pengguna, salah satu travel writer kondang, Trinity Traveler merasakan manfaat dari aplikasi tersebut. “Setiap saya berkunjung ke suatu wilayah saya selalu ingin merasakan kedekatan dengan tempat saya berada, baik budaya, adat istiadat bahkan sampai dengan sajian lokalnya. Selain melalui rekomendasi masyarakat lokal, saya membuka layanan GoFood di aplikasi Gojek,” kata Travel Writer Naked Traveler, Trinity Traveler. Trinity pun merasakan mendapat ragam pilihan kuliner lezat lokal untuk memanjakan lidahnya. “Dalam aplikasi tersebut saya dapat melihat banyak pilihan kuliner lezat lokal yang ditampilkan sebagai rekomendasi sesuai keinginan, saya juga terbantukan dengan dengan informasi penilaian dan juga lokasi kuliner itu berada,” tutupnya.