Internasional

Capt Hifny Andy Assegaf Jadi Pilot Indonesia Pertama Peraih Sertifikat Chief Pilot CASR 141 FAA

Satu lagi cerita anak bangsa yang mampu mengukir prestasi yang mengharumkan negeri. Kali ini datang dari dunia penerbangan. Adalah Capt. Hifny Andy Assegaf yang mencatatkan diri sebagai pilot pertama dari Indonesia yang sukses meraih Sertifikat Chief Pilot CASR 141 Federal Aviation Administration (FAA).

Atas hal itu, pria yang lahir di Malang 17 September 1968, kini berhak atas predikat penuh sebagai Chief Pilot Sekolah Pilot di negeri Paman Sam. Dilansir , Capt. Hifny saat ini telah bersertifikat Private Pilot License Instrument Ratings Commercial Pilot Course dan Multi Engine Ratings, Flight Instructors Course (CFI) Initial, Certified Flight Instrument Instructor (CFII), dan Multi Engine Instructor (MEI). Sebagai catatan, menjadi hal yang luar biasa sulit bagi seorang instruktur pilot di Amerika untuk mendapatkan sertifikat seperti yang dikantongi Capt. Hifny.

Ujian ketat secara maraton selama berjam jam harus dilalui bagi yang ingin meraih sertifikat tersebut. Total waktu ujian memakan waktu 13 jam, terdiri dari 10 jam tes lisan, dua jam tes terbang menggunakan dua pesawat berbeda, dan satu jam debriefing oleh Inspektor Penerbangan dari FAA. Selain tes soal silabus dan kurikulum sekolah pilot, peserta tes juga harus menjalani ujian secara lisan mengenai operasional FAA 141/61/91, prosedur keselamatan, prosedur operasi standar, advisory cirlulars (panduan operasional terbaru dari pemerintah AS), dan sebagainya.

Capt. Hifny mengakui, tes tersebut cukup menguras tenaga dan pikirannya. Namun, dia bersyukur bisa melewati rangkaian tes itu. “Sangat melelahkan, tapi saya bersyukur dapat melewati tes tersebut,” ujar Hifny dikutip dari . Siapa Hifny?

Mengutip dari sumber yang sama, ternyata Capt Hifny adalah lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1990 yang sempat mengikuti pendidikan Korps Infanteri TNI AD. Namun, kariernya di militer tidak berlanjut dan ia beralih profesi menjadi pilot di Amerika Serikat. Awal kariernya di dunia penerbangan dimulai tahun 1998 setelah lulus dari Business Air Flight Academy di Bethany, Oklahoma. Sebelumnya ia bersekolah di Redlands High School dan Oklahoma University Associates.

Pengumpul 11.000 jam terbang ini pernah bekerja sebagai kopilot di Mesa Airlines FO (Phoenix, Arizona), kopilot di Gojet Airlines (Saint Louis, Montana), pilot in command di Jet SuiteX (California), dan sebagai Chief Pilot di World Wide Wings, Valley College Aviation Department (San Bernardino California). Pemegang Gold Seal Flight Instructor dari FAA serta sertifikat Airline Transport Pilot License (ATPL) untuk pesawat CRJ 900 dan ERJ 145 ini punya satu cita cita sejak awal. “Saya ingin membagi pengalaman kepada para pilot muda Indonesia dan meningkatkan kemampuan mereka sehingga memiliki skill dan pengetahuan sebagai pilot profesional sebagaimana digariskan oleh FAA,” ujarnya.

Artikel ini sudah tayang di Airspace Review dengan Judul "Capt. Hifny Assegaf, Orang Indonesia Pertama di Amerika Peraih Sertifikat Chief Pilot CASR 141 FAA"