Kesehatan

Bisa Tingkatkan Fungsi Otak & Kesehatan Mulut Sederet Manfaat Teh Hijau buat Kesehatan

Manfaat teh hijau bisa turunkan berat badan Anda. Tetapi tidak hanya itu, teh hijau mempunyai manfaat lainnya. Simak artikel ini untuk tahu beberapa manfaat lainnyayang berguna untuk kesehatan.

Dikutip dari boldsky.com , teh hijau mengandung jumlah antioksidan tertinggi yang menyumbang sekitar 30% dari berat daun teh hijau kering. Senyawa antioksidan dan penyembuhan dalam teh hijau juga ditemukan dalam makanan lain seperti blueberry, coklat hitam, dan anggur merah. Teh hijau mengandung flavonol dan katekin (epicatechin, epigallocatechin, gallocatechin dan turunan gallate).

Senyawa yang paling kuat dalam teh hijau adalah EGCG (epigallocatechin 3 gallate) yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Teh hijau menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, serta melindungi jantung dari stroke dan penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian, minum teh hijau dapat menurunkan penyakit jantung hingga 31 persen

Teh hijau mengandung antioksidan polifenol yang telah terbukti mengurangi risiko berbagai jenis kanker seperti kanker prostat, usus besar, dan kanker payudara. Teh hijau telah terbukti meningkatkan laju metabolisme, mempercepat pembakaran lemak, dan meningkatkan pengeluaran energi sebesar 4%, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Studi lain menunjukkan bahwa, kafein dalam teh hijau dapat membantu meningkatkan kinerja fisik sebesar 11 hingga 12%.

Teh hijau dapat meningkatkan fungsi otak dan membuat Anda lebih pintar dengan meningkatkan pembakaran neuron dan konsentrasi neurotransmiter seperti dopamin dan norepinefrin. Minum teh hijau akan meningkatkan suasana hati Anda, meningkatkan kewaspadaan dan daya ingat serta menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson. Katekin dalam teh hijau memiliki kemampuan ampuh untuk membunuh bakteri dan virus, sehingga menurunkan risiko infeksi.

Teh hijau juga dapat menghentikan pertumbuhan Streptococcus mutans, bakteri yang bertanggung jawab untuk pembentukan plak, yang menyebabkan kerusakan gigi dan gigi berlubang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah. Studi lain menemukan bahwa individu yang minum teh hijau memiliki risiko 18% lebih rendah menjadi diabetes.

Ambil 1 sendok teh daun teh hijau dan rebus dalam secangkir air. Diamkan selama 5 menit. Saring dan tambahkan sedikit madu.

Teh siap dinikmati