Kesehatan

Bentuk Topi Snapback hingga Kacamata Siapkan 3 Bahan Cara Mudah Buat Face Shield di Rumah

Berikut cara mudah membuat face shieldmenggunakan bahan yang mudah didapat. Face shield menjadi satu di antara APD standar yang sebaiknya dimiliki dalam rangka menyambut fase new normal . Selain face shield, masker juga menjadiperlengkapan penting lainnya guna meminimalkan risiko penularan virus corona saat beraktivitas di luar.

Face shield kini mulai sering diperjual belikan di berbagai e commerce dan pusat perbelanjaan lain. Harga face shield dijual dengan harga yang beragam, mulai dari Rp 20 ribu hingga ratusan juta. Beragamnya harga face shield tergantung dari bahan dan kualitas yang dimiliki.

Selain itu, ada banyak pilihan face shield yang bisa kamu buat, mulai dari face shield sederhana, Topi Snapback, hingga face shield Kacamata. Kamu bisa membuat face shield di rumah menggunakan bahan bahan yang mudah didapatkan. Dikutip dari hellosewing.com , simak panduan cara membuat face shield berikut ini:

Mika plastik bening 0,2 mm ukuran A4 Spidol permanen Gunting

Membuat polamemakaispidol permanen pada mika. Pastikan untuk membuat pinggiran mika tidak runcing, supaya aman digunaan. Pastikan ukuran mika menutup dahi hingga dagu dan kedua sisi wajah.

Potong mika sesuai pola yang ditentukan, lalu buka mika tersebut. Face shield siap digunakan. Topi

Paper clip Mika plastik bening 0,2 mm ukuran A4 Langkah pertama, buat polamenggunakan spidol pada plastik mika.

Potong mika sesuai pola yang telah ditentukan. Buat lubang pada tempat masuknya paper clip, bisa menggunakan cutter. Pasang paper clip pada lubang.

Satukan mika dan topi dengan cara menjepit paper clip. Kacamata Sedotan plastik berukuran besar

Mika plastik bening ukuran A4 tebal 0,2 mm Buatlah pola pada plastik mika Potong mika mengikuti pola yang telah ditentukan

Gunting sedotan plastik dengan menyesuaikan lubang pada mika Satukan mika plastik dan sedotan melalui lubang pada kedua sisi. Masukkan tangkai kacamata dalam sedotan plastik.

Setelah mengetahui cara membuat face shield, simak juga cara aman saat menggunakannya. Face shield tidak dianjurkan untuk penggunaan medis Pastikan face shield menutupi dahi hingga dagu dan kedua sisi wajah.

Meski telah menggunakan face shield, tetap jaga jarak minimal 46 cm ketika berinteraksi Bersihkan menggunakan kain dengan disinfektan atau alkohol 70 persen Bersihkan terlebih dahulu bagian dalam, lalu dilanjutkan di bagian luar face shield

Keringkandi bawah sinar matahari atau menggunakan lap kering bersih