Kesehatan

Benarkah Minum Air Jeruk Nipis Bisa Mengecilkan Perut Buncit

Sebagian orang mengupayakan berbagai cara untuk mengecilkanperut buncit. Selaindemi kesehatan, tentu saja perut rata lebih menarik. Konon, minum air jeruk nipis bisa bantu mengecilkan perut buncit penuh lemak. Benarkah minum air jeruk nipis saja bisa mengecilkan perut?

Namun sebelum tergiur dan mencobanya, sebaiknya cari tahu lebih dulu apakah cara alami ini benar benar efektif atau tidak. Sayangnya, menurut Janie Ackerman Foster, seorang ahli gizi dari Net Wellness, minum air jeruk nipis tidak membantu menghilangkan lemak di tubuh tanpa usaha ekstra. Itu artinya, minum air jeruk nipis saja tidak akan ampuh untuk mengecilkan perut yang buncit. Kita perlu cara lain yang lebih ‘paten’ supaya lemak dalam tubuh dapat berkurang lebih maksimal.

Jika ingin mengecilkan perut, kita perlu menjaga pola makan dan juga melakukan olahraga. Nah, salah satu rekomendasi makanan yang bagus untuk diet ini memang adalah jeruk nipis. Buah ini mengandung nutrisi yang membantu meningkatkan metabolisme. Buah ini dipercaya mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi orang yang sedang menjalani diet rendah kalori.

Segelas air dengan tambahan perasan sari buah jeruk nipis hanya mengandung 11 kalori. Selain itu, jeruk nipis juga menjadi sumber vitamin C karena minum segelas air jeruk nipis dapat memenuhi asupan vitamin C per hari sebesar 22 persen. Vitamin C berperan penting dalam usaha untuk mengurangi lemak berlebih, yaitu memecah lemak selama kita berolahraga.

Jadi, akan lebih banyak lemak yang terbakar jika kita mengonsumi buah ini bersamaan dengan aktivitas fisik. Bukan hanya kandungan nutrisinya saja yang membantu usaha mengecilkan perut, minum air jeruk nipis juga mencegah dehidrasi. Rasa kecut dari minuman ini bisa mendorong kita minum lebih banyak sehingga membuat perut kenyang dan makan dengan porsi lebih sedikit.

Selain memanfaatkan air jeruk nipis untuk mengecilkan perut, kita juga perlu cara tambahan, seperti: Selain membuat gula darah melonjak tinggi, makanan bergula, seperti cokelat, cake, atau donat mengandung banyak kalori sehingga lebih baik dihindari atau dikurangi porsinya. Selain itu, kurangi porsi makanan yang mengandung kalori, seperti nasi misalnya.

Mengonsumsi makanan tinggi protein adalah strategi jangka panjang yang bagus untuk mengecilkan perut. Protein terbukti dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan menekan rasa lapar. Kamu bisa menikmati telur, ikan, daging ayam tanpa lemak, makanan laut, dan kacang kacangan.

Selain itu, lengkapi kebutuhan serat dan vitamin dengan mengonsumsi buah dan sayur. Makanan berserat dapat membantu kenyang lebih lama. Olahraga dapat membakar kalori sehingga mengurangi lemak di perut. Nah, beberapa olahraga yang direkomendasikan, yaitu latihan aerobik, seperti jalan cepat, lari, berenang, dan angkat beban. Kita perlu melakukan olahraga ini secara rutin, bukan hanya satu atau dua kali saja supaya hasilnya lebih maksimal.