Nasional

Begini Tata Cara Daftarnya Paket Pelatihan Dihentikan Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 4

Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 4kabarnya akan segera dibuka. Dilansir , Kamis (2/7/2020) Panji Winanteya Ruky, Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana menjelaskan bahwa pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 4 akan segera dibuka. Tetapi ia juga belum bisa memastikan kapan persisnya pendaftaran kartu prakerja gelombang 4 tersebut dibuka.

"Tidak bisa sampai akhir tahun ini, harus cepat. Pak Menko Perekonomian menyatakan harus segera dan menjadi prioritas," "Saya pikir ini (bisa dimulai) tidak sampai beberapa minggu ya. Sebab, presiden arahannya kami harus memperbaiki tata kelola, tapi tidak memperlama. Tetap dengan cepat bisa membantu masyarakat,"ungkap Panji. Tak hanya itu saja, Panji juga mengatakan bahwa pihaknya dibantu oleh Sekretariat Negara dan Sekretariat Kabinet untuk merevisi payung hukum terkait Program Prakerja.

Nantinya juga akan ada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang memimpin persiapan pembukaan gelombang ke 4 ini. "Pemerintah tidak ingin menambah masalah baru dalam pelaksanaan Program Prakerja. Oleh karena itu, peran dari Project Office Management (PMO), Kemenaker, dan Kemendagri sangat diperlukan," jelas Panji. "Saya pikir kita jangan menambah masalah lagi, masyarakat jangan merasa kesulitan dan begitu gelombang 4 ini dibuka, pemerintah sudah siap," lanjutnya

Sementara itu, paket bundling dalam program pelatihan Kartu Prakerja resmi dihentikan. Hal tersebut mengacu pada surat yang disampaikan Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja kepada para mitra penyedia program pelatihan. Manajemen pelaksana melarang para mitra menyediakan paket pelatihan secara bundling, karena sulit untuk memastikan keikutsertaan peserta dalam keseluruhan program yang ditawarkan.

"Paket yang dihentikan, bukan pelatihan atau programnya. Jadi hanya boleh eceran. Satu pelatihan, tidak boleh lagi satu paket isi tiga pelatihan. Contohnya gitu," kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, dikutip dari , Kamis (2/7/2020). Penghentian paket pelatihan tersebut berdasarkan pada evaluasi yang dilakukan pelaksana program kartu prakerja. Pertama, ada beberapa mitra platform digital membuat dan menawarkan produk paket pelatihan yang terdiri dari beberapa jenis atau kelas pelatihan oleh satu atau beberapa lembaga pelatihan di masing masing platform.

Kedua, tidak adanya mekanisme yang dapat memastikan bahwa tiap peserta yang mengambil atau membeli paket pelatihan menyelesaikan seluruh jenis atau kelas pelatihan. Akibatnya, tidak ada laporan mengenai penilaian peserta pelatihan. Hal tersebut membuat manajemen pelaksana tidak dapat melaksanakan tugasnya untuk melakukan evaluasi terhadap satu atau beberapa jenis atau kelas pelatihan yang ada dalam paket tersebut.

1. Calon pemilik Kartu Pra Kerja, hanya berasal dari kalangan Warga Negara Indonesia (WNI). 2. Usia minimal untuk mendaftar karu Pra Kerja adalah 18 tahun. 3. Penerima kartu Pra Kerja harus dari kalangan yang tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

1. Akses laman dan pastikan Anda memiliki email aktif. 2. Pilih "Daftar Sekarang". 3. Masukkan nama lengkap, email, dan kata sandi.

4. Klik "Daftar". 5. Selanjutnya, Anda akan menerima notifikasi melalui email. 6. Buka email Anda, dan lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email.

7. Pendaftaran berhasil, dan Anda sudah memiliki akun Kartu Prakerja. Peserta yang gagal pada seleksi sebelumnya, tidak perlu mendaftar ulang dari awal. Nantinya, mereka hanya tinggal memilih gelombang melalui akun yang sebelumnya sudah terdaftar.

1. Buka laman , klik Login atau Masuk pada Laman Depan. 2. Masukkan email dan kata sandi akun, kemudian Klik "Login". 3. Setelah berhasil masuk ke akun Anda, isi verifikasi KTP dan tanggal lahir.

4. Klik "Berikutnya". 5. Lengkapi data diri Anda, unggah foto KTP dan swafoto Anda dengan KTP. 6. Lakukan Verifikasi Nomor Telepon.

7. Klik "Kirim". 8. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP Anda. 9. Klik "Verifikasi".

10. Selanjutnya, isi Pernyataan Pendaftar. Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik "Oke". 11. Berikutnya Anda wajib melakukan tes Motivasi & Kemampuan Dasar.

Klik "Mulai Tes Sekarang". Setelah isi tes, hasil tes akan di evaluasi, mohon menunggu sebentar sekitar 5 menit, jika sudah 5 menit belum ada perubahan, silahkan klik tombol Refresh. 12. Pendaftaran akan segera selesai, Anda tinggal ikut seleksi Gelombang, pilih lah Gelombang yang Anda inginkan disesuaikan dengan domisili.

13. Selanjutnya Anda akan menerima notifikasi di Dashboard akun, apakah lolos atau bisa ikut Gelombang yang Anda pilih.