Internasional

AS Umumkan Keadaan Darurat  Cegah Orang Asing yang Kunjungi China Masuk

Amerika Serikat (AS) telah mengumumkan keadaan darurat kesehatan terkait menyebarnya virus corona. Dilansir dari BBC, AS akan mencegah orang asing yang telah menyambangi China dalam dua pekan terakhir ke Negeri Paman Sam. Warga AS yang kembali dari provinsi Hubei, tempat dimana virus mulai muncul, akan dikarantina selama 14 hari.

Lebih dari 11.000 kasus virus corona telah dikonfirmasi, dengan sebagian besar terjadi di China sejak Desember lalu. Sementara 100 kasus telah dilaporkan terjadi di luar China yakni di 22 negara lainnya. Pada Jumat (31/1), Beijing mengatakan jumlah korban meninggal akibat virus corona telah bertambah menjadi 259 orang. Menteri Kesehatan AS Alex Azar mengatakan warga AS yang kembali dari provinsi Hubei akan dikarantina selama 14 hari.

Sementara warga AS yang kembali dari wilayah lain di China diminta untuk memperhatikan kondisi mereka sendiri dalam jangka waktu yang sama "Menyusul keputusan WHO, dengan ini saya mengumumkan virus corona telah menjadi keadaan darurat di Amerika Serikat," ujar Alex Azar, seperti dikutip dari BBC, Sabtu (1/2/2020). Selain itu, ia melarang warga asing yang mengunjungi China dalam dua pekan terakhir masuk ke AS untuk menurunkan beban yang dimiliki pihak berwenang.

"Risiko infeksi di AS tergolong rendah, dan kami ingin memastikannya tetap seperti itu," imbuhnya.