Bisnis

76 Persen Jumlah Pemudik yang Gunakan Mobil Pribadi Naik 17 Ada Tol Trans Jawa & Sumatera

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat jumlah pemudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang menggunakan mobil pribadi mengalami lonjakan sebesar 17,76 persen. Berdasarkan data dari Jasa Marga, jumlah kendaraan pribadi meningkat dari 4,7 juta unit selama Nataru 2018/2019 menjadi 5,5 juta unit pada Nataru 2019/2020. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, peningkatan ini didorong oleh kehadiran Tol Trans Jawa dan Tol Sumatera.

"Tampaknya masyarakat masih coba coba kondisi jalan tol yang hubungkan beberapa provinsi dan kota. Jumlah kendaraan sebanyak 5,5 juta kendaraan naik 17 persen. Jadi banyak masyarakat naik kendaraan pribadi," kata Budi di kantornya, Jakarta, Senin (6/1/2020). Menurutnya, peningkatan kendaraan pribadi ini berdampak pada angkutan bus. Jumlah pemudik Nataru yang menumpangi bus turun sebesar 22,75 persen karena banyak masyarakat yang beralih ke mobil pribadi. "Bus kompetitornya memang mobil pribadi, mudah mudahan saat angkutan lebaran kembali ke angkutan umum. Kita perbaiki fasilitas angkutan umum kita, titik titik simpul (terminal) juga diperbaiki," ujarnya.

Seiring dengan peningkatan kendaraan pribadi, jumlah penumpang kapal penyeberangan juga naik 18,8 persen. "Pak menteri (Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi) aware selalu ke penyeberangan. Dengan adanya infrastruktur jalan tol ini jadi lebih seksi untuk pakai kendaraan pribadi," pungkasnya.

Tentang Penulis

Natalia Rahayu

Natalia Rahayu

Banyak dari kegagalan dalam hidup yang terjadi adalah, orang-orang yang tidak menyadari seberapa dekat mereka dengan kesuksesan ketika mereka memutuskan untuk menyerah.

Tanggapan Anda

Click here to post a comment