Kesehatan

10 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh buat Menurunkan Risiko Tertular Virus Corona

Kasus virus corona (Covid 19) masih meningkat. Orang orang pun terus diimbau untuk menjaga kebersihan dan meningkatkan kekebalan tubuh untuk melindungi diri sendiri. Orang orang yang memiliki penyakit jantung, diabetes, kanker, hipertensi, masalah pernapasan serta orang tua dianggap berisiko lebih tinggi tertular virus corona karena kekebalan yang melemah.

Jadi, sangat penting memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk memerangi ancaman virus corona dan tidak terlibat dalam kegiatan yang dapat memperburuk kekebalantubuh. Makanan yang Anda konsumsi sebagai bagian darimenu harian Anda memiliki peran dalam menentukan kesehatan secara keseluruhan. Konsumsimakanan seimbang yang sehat, seperti paprika, jamur, sayuran berdaun hijau, buah buahan, ikan, kacang kacangan, dan rempah rempah membantu membangun ketahanan dalam tubuh terhadap infeksi karena kaya vitamin dan mineral.

Selain itu, mengonsumsi makanan rendah karbohidrat akan membantu mengontrol gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Aktivitas fisik penting untuk membangun kekebalan, meningkatkan metabolisme, dan menjaga pikiranserta tubuh Anda tetap bugar. Cobalah melakukan latihan di dalam ruangan seperti lompat tali, berenang, atau angkat beban selama 30 hingga 45 menit.

Tidur diperlukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jika Anda kurang tidur, itu dapatmenurunkan kekebalan. Kurang tidur juga akan mengganggu aktivitas otak.

Tidurlah setidaknya 7 8 jam setiap hari di malam hari. Menghidrasi tubuh penting dilakukan untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan meningkatkan kekebalan. Dehidrasi menyebabkan kekebalan rendah karena menurunkan volume keseluruhan darah dan cairan limfatik yang diperlukan untuk respons sistem kekebalan tubuh.

Jadi, minumlah hingga 8 10 gelas air atau Anda bisa mencari alternatif lain seperti jus buah, jus sayuran, dan air kelapa Terlalu banyak stres atau cemas tentang situasi yang sedang berlangsung dapat berdampak negatif pada kesehatan. Terlalu banyak stres dapat melepaskan hormon stres kortisol, yang merusak kekebalan tubuh.

Jadi, jika Anda stres atau cemas, berlatih meditasi. Kelebihan berat badan dapat mengubah sistem pertahanan alami tubuh dan menyebabkan penyakit kronis yang terkait dengan kelebihan berat badan dan obesitas. Jadi, pertahankan berat badan yang sehat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengikuti kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol akan melemahkan kekebalan Anda. Merokok menurunkan kapasitas paru paru dan menghancurkan sel sel sehat yang melapisi saluran pernapasan Anda, sel sel ini membantu melawan virus yang masuk melalui hidung. Kurangi asupan karbohidrat olahan karena mengandung gula tambahan yang dapat menyebabkan obesitas dan kegemukan.

Itujuga akan meningkatkan peradangan dan risiko kesehatan kronis lainnya seperti diabetes dan penyakit jantung. Makanan kaya probiotik seperti yogurt, kimchi, atau kefir kaya akan bakteri baik yang setelah dikonsumsi akan menjaga saluran pencernaan tetap sehat, sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sinar matahari adalah sumber vitamin D yang baik, vitamin esensial yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh.

Tubuh secara alami menghasilkan vitamin D ketika terkena sinar matahari. Jadi,berjemurlah di bawah sinar matahari pagi setiap hari.